Kompas.com, OkeZone.com, TabloidPCPlus.com – Satu Motherboard !

Saya dulu sempat bingung ketika hendak memilih Framework PHP MVC untuk bercoding ria. Memang secara prinsip Framework, CMS, CMF, dst itu hanyalah tool.. Untuk apa tool canggih tapi webnya tidak menghasilkan?. Tapi saya percaya dengan pemilihan teknologi yang tepat, sebuah website bisa berkembang lebih baik. Kemungkinannya untuk dikembangkan akan semakin besar, tetapi tetap dengan cara yang cantik. Tidak dengan membongkar ulang core programnya.

Saya akhirnya mendengar kabar bahwa OkeZone telah beralih dari Joomla ke pengembangan sendiri, dengan menggunakan Framework PHP CodeIgniter. Ahh.. ternyata sudah ada contoh nyata di Indonesia website besar yang menggunakan framework ini. (Saya sering dengar tentang CakePHP dan Symfony, tapi tidak dengan contoh nyatanya di Indonesia). *Detikcom pakai Framework Fusebox kalau tidak salah. Hanya karena alasan sederhana itulah saya akhirnya memilih CodeIgniter sebagai framework pilihan saya.

Ingat waktu Kompas.com masih berstatus BETA? Waktu itu saya lihat di urlnya kalau tidak salah masih berakhiran *.cfm (ColdFusion berarti ya?). Dan ntah sejak kapan, Kompas.com sudah melepas status BETA nya. Dan bersamaan dengan itu, saya merasa ada yang berbeda dengan situsnya (dari sisi URL). Memang sih sudah pake Clean URL itu biasa. Tapi sepertinya ada yang lebih. Dan ternyata benar, Kompas.com pun ternyata menggunakan CodeIgniter. Wueh.. 😀

EllisLab (pembuat CodeIgniter) harusnya tahu kabar ini.. Bagaimana tidak, dua dari tiga portal berita besar di Indonesia menggunakan Framework mereka sebagai kerangka. Oh iya, Tabloid PC Plus juga pakai CI.. Seperti di sebuah PC, prosesor, RAM, VGA, dll boleh beda. Tetapi motherboardnya tetap sama.

*Promosi CI mode : ON

Jadi baguskah performa CodeIgniter? Mari kita lihat..  Hi.. hi.. hi.

18 Comments

Add yours

  1. Sepertinya pengertian framework harus dibedakan dgn CMS atau CMF. Framework itu seperti skeleton untuk program sedang CMS itu sudah barang jadi tinggal diotak-atik saja.

    Gw sekarang lagi belajar CakePHP. Pertama kali lihat pasti semua bilang kok mirip Ruby on Rails. Nantikan deh website gw pasti pake CakePHP. Gak janji! Hehehe 🙂

  2. Betul sekali, CakePHP merupakan pilihan yang tepat untuk framework PHP dengan sistem caching, HABTM, dan fitur lainnya. Fitur powerfull ini sepertinya tidak dimiliki oleh CI ( sekalipun ada, mungkin belum sebaik CakePHP ).

    Apalagi sudah keluar versi 1.2 RC 1 di http://cakephp.org….

    Mas okto ini juga sudah mengakui kehebatan CakePHP kok 😀

  3. bentar lagi ada mesin lain mas yg pake motherboard yg sama,
    tapi mesin arab dibuat oleh orang indonesia…

    :p

  4. sebentar lagi juga ada mesin plat-merah pake motherboard yg sama =))

  5. @didats,
    onta jalan diatas rel ? (camel on rails) ?

  6. Okto Silaban

    12 June 2008 — 04:04

    @Ronsen : Memang beda kok. CMS dibangun pake Framework, nah CMS bisa punya skalabilitas yang tinggi kalo dia selevel CMF. Tapi kalau sudah selevel CMF, sepertinya terlalu berat nanti kerja servernya.. CMIIW.

  7. Okto Silaban

    12 June 2008 — 04:06

    @didats : Masih betah di negri unta om? 😀

    @yanrf : Hmm.. Let me guess.. Pemda Bantul kah? He..he.

    @rendy : nama yang bagus..

    @yodi : Udah ada belum Yod contoh situs besar di Indo yang pake CakePHP?

  8. Saya masih tetap setia ama Zend Framework.

  9. Ah, mas Okto ini. ya iyalah keuntungan itu tidak ada hubungannya sama framework yang dipakai.

    Kemarin saya sempat pakai CakePHP, sekarang pakai Drupal. It helps alot karena jadi ada lebih sedikit waktu menunggu antara programmer dan designer. Drupal sudah punya block-block yang siap diisi. Mungkin mirip Joomla.

    HABTM? Query aja langsung aja kali ya? Semakin dimudahkan oleh tool, berarti ada banyak hal yang juga akan dipersulit. Saat itu terjadi anda akan lebih banyak figthing dengan frameworknya dariapda memecahkan maslah sesungguhnya :D.

    Kapan ya saya bisa nyoba CI … hmmm

  10. Mau tau yang menggunakan CI secara sederhana lagi?
    Aplikasi PA Tuban 😉

    salam salam

  11. Saya bukan programmer sih, tapi sekarang lagi develop applikasi / service pake CakePHP + JQuery. Liat aja deh nanti hasilnya gimana.

    Salam kenal buat semua.

  12. hello all,

    wah, kyknya seru nih bahasannya ya to` … 😀
    Sepengetahuan dari yang saya liat di server2, CI sepertinya mantep (CMIIW),
    pendapat sederhanaku sih begini:
    CI itu bisa juga berat jika pemilihan `function2` di php itu kurang sesuai..
    ya misalnya untuk ngebaca xml pake apa, ada xmlreader, ada simplexml, atau yang lainnya
    ya harus dibenchmark juga secara parsial … demikian juga dengan I/O atau RPC..

    nah, kalo dalam opini sederhanaku, jika kita pake cms biasanya berbenturan dengan kata `fitur komplit` yang selalu ditargetkan oleh pengembang2 cms, biasanya sih semakin komplit/kompleks biasanya semakin berat.. di framework juga begitu tapi lebih `polite` yang artinya lebih dihitung performance framework mereka.. [halah!! sok banget gw yak, hehehe]

    ya, okezone pake CI, kompas pun sekarang sepertinya begitu , pernah sekali nemuin error yang `CI banget` pas lagi tengah hari (traffic-nya mungkin lagi tinggi banget)..

    Saya sendiri lama-kelamaan nyaman juga dengan CI, walau satu-dua function tambahan yang harus dicreate secara manual, kyknya ga banyak benturan atau masih bisalah `diakal2in`, hehhee….

    @Dolly Aswin Hrp, wah, kyknya senioran gw nih dikampus, mungkin kenal ama de_regen (update terakhir di nusanet juga)?
    @okto : kyk lagi `pusing` nih ngurusin TA, blog-nya penuh dengan kata `TA`.. :D…

  13. Okto Silaban

    16 June 2008 — 22:14

    @xidea : wah.. dah dalam nih pembahasannya. Pusing tentang TA? Tentunya.. Untung ada CI 😛

  14. Hi bung Okto! lama tak jumpa kita hehehe ^^

    Benar juga dugaan gw, pernah suatu saat menemukan halaman di Kompas.com yang nampilin style khas CI, tapi agak sangsi masa iya sih pake CI, secara pamornya kurang daripada sodara-sodaranya …

    Btw … ada yang tahu implementasi web service dengan CI tidak ya? Lagi butuh pertimbangan framework paan yang enak buat web service ni dan bisa berhubungan mesra dengan Java ME …

    *kondisi lagi butuh suplai ilmu* T_T

  15. ralat:
    Benar juga dugaan gw, pernah suatu saat menemukan halaman di Kompas.com yang nampilin style khas CI, tapi agak sangsi masa iya sih pake CI, secara pamornya kurang daripada sodara-sodaranya …

    seharusnya:
    Benar juga dugaan gw, pernah suatu saat menemukan halaman ~error~ di Kompas.com yang nampilin style khas CI, tapi agak sangsi masa iya sih pake CI, secara pamornya kurang daripada sodara-sodaranya …

    demikian ralat ini disampaiken …

  16. memang benar, pamor CI masih kalah dibandingkan dengan PHP framework yang lain. tapi saya pribadi optimis dalam beberapa waktu ke depan implementasi CI di Indonesia akan lebih pesat.

    Salam kenal 😀

  17. Salam Kenal Semua.

    Ngeliat topiknya kayanya asyik bener. mas – mas ini seperti ahli dibidangnya, bisa minta bantuannya ?? Ada yg punya contoh webyg dibangun dengan CI ngga. Asli sy sedikit merasa kesulitan walaupun Ci memiliki dokumentasi yang lengkap… Please .

    Abiz bosen selama ini web yg dibuat cuma web statis. Trims ya… sukses selalu

  18. Code igniter simple tp cepat, Zend Rumit lambat, tp function nya bnyk. Lihat saja benchmark2 antara beberapa php framework. Codeigniter menjadi jawara pertama selalu.
    selain itu codeigniter learning curvenya lebih mudah dari pada framework seperti Zend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *