BlogNetwork vs Web Portal

7 thoughts on “BlogNetwork vs Web Portal”

  1. blog saat ini masih terbatas pada content berupa teks (tulisan dan komentar). Belum bisa mengatasi kelengkapan web portal yang bisa menyediakan apa saja, misalnya simulasi bisnis, real time kurs mata uang, dan lain-lain.

    Jika konotasi blog masih seperti saat ini, cuma postingan tulisan, maka selamanya tidak akan mampu menyaingi web portal.

  2. Bener juga pak.. Ada perbedaan lain yang belum saya perhatikan secara jeli. Apa yang dimiliki Portal dan tidak dimilik blog :
    – Fasilitas member untuk content tertentu
    – Kadang ada aplikasi tertentu (seperti simulasi dsb).
    – Ada fasilitas langganan Newsletter dsb
    – Area download, baik dokumen, program, pamflet, dsb
    – Podcast (beberapa blog ada yang pakai juga)
    – E-Commerce
    – dan fasilitas lainnya.. (belum searching lagi Pak..) 😀

    Intinya bener seperti kata Pak Nukman, web portal tidak hanya berisi tulisan.. *bukan berarti blog juga hanya berisi tulisan ..*

  3. Bos…aq ga ngerti cara nya aktifin feedwordpress nya. Itu berupa plugin atau apa tho ??
    apakah harus mengumpulkan blog-blog yang tersebar ( brarti kaya ngumpulin beberapa domain blog) kemudian di jadikan satu dalam feedwordpress kah?

    kalo feedwordpress dalam localhost gimana cara instalasi nya ??
    😛 😀 hehehehe

    Tanya Ken..apa ??

  4. @cewe cakep : Halah…, nick mu itu loh Enggar.., ckk…ckk.. narsis abis..
    FeedWordpress itu plugin di WordPress. Aku lupa situsnya dimana, cari di google aja.
    Nanti cara instalasi biasa kok, tinggal copy paste ke folder /wp-content/plugins, terus aktifin dari halaman administrasi, bagian plugin ada menunya kok.

    Tapi untuk jalan dan update terus, nantinya harus dieksekusi secara periodeik pake Cron.

  5. Alo mas okto ini kan perbedaan blog dgn portal ya.. saya blh nanya sesuatu ga.. klu bedanya website dengan portal apa ya ?? kan portal sudah pasti website, tp klu website blm tentu portal kan ya…
    kira2 ada refrensi nya ga yaa, bedanya website dengan portal?

    dari segi manfaat nya , kelebihan dan kekurangannya ??

    Mohon bantuannya yaaa, trimakasih 🙂

  6. @jameela : Ini berdasarkan pengetahuan saya ya. Portal itu ada yang vertikal dan ada yang horizontal. Kalo portal yang vertikal, isi keseluruhan portalnya sejenis. Misal portalHR.com, isinya seputar HR (Human Resource). Kalo portal vertikal itu isinya kasarnya kaya Mall. Semua ada. Mulai dari berita, fasilitas email, blog, review product, jualan barang, galeri foto, dll.

    Jadi kalo ditanya bedanya website sama dengan pertanyaan “apa bedanya makanan sama kue?”. Semua kue pasti makanan, tetapi gak semua makanan pasti kue.

    Lebih tepatnya, portal itu adalah salah satu jenis website. Selain portal, ada blog, forum, wiki (kaya wikipedia), social network (friendster, myspace), aplikasi (GMail), dll..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *