in Linux

Perintah dasar pada server Linux (Fedora)

Mungkin banyak yang sudah tau bagaimana cara menjalankan server pada Linux, tapi bagi pemula kadang hal ini menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Soalnya dulu saya mo belajar bikin situs pake PHP + MySQL, ternyata setelah saya buat filenya, saya bingun mo ngakses situsnya gimana, terus menjalankannya dimana…. Ok jadi saya mo sedikit berbagi pengalaman nih.

Jika kita belajar membuat website, tentu tak lepas dari yang namanya server. Kalo cuma pake HTML + CSS sih gak masalah kalopun gak punya server, hasil kerja kita sudah bisa dicoba hanya dengan browser, tanpa adanya server. Tapi jika sudah menggunakan PHP dan MySQL wah.., ini sudah beda masalahnya. Soalnya harus ada yang mengeksekusi file PHP + MySQl tersebut.

Jadi langsung saja, pada umumnya server – server yang menggunakan sistem operasi keluarga UNIX (seperti Linux, Minix, FreeBSD, OpenBSD – Windows tidak termasuk! ) meletakkan file – file untuk situs itu defaultnya di direktori /var/www/html.
Kalo mau tau dimana sebenarnya file untuk situs itu ditaruh bisa dilihat di file httpd.conf umumnya lokasi tepatnya di dalam direktori /etc/httpd/conf/httpd.conf. Jadi yang anda harus lakukan pertama adalah meletakkan semua isi situs anda di dalam direktori /var/www/html. Setelah itu sebagai root jalankan server Apache anda (jika pake Apache). Lengkapnya :

laban@localhost $] su –
password:
root@localhost #]
root@localhost #]/etc/rc.d/init.d/httpd start
atau:
root@localhost #] service httpd start

Kemudian jalankan server MySQL (jika anda menggunakan database MySQL) dengan perintah :
root@localhost #]/etc/rc.d/init.d/mysqld start

Nah setelah itu cobalah buka situs anda dengan browser yang anda suka , misal Konqueror, atau Internet Explorer, kemudian ketikkan alamat server anda (defaultnya localhost) jadi lengkapnya http://localhost/. Ingat halaman pertama anda yang akan mucnul disitus ini nantinya haruslah diberinama index.php atau index.htm (kecuali anda merubah konfigurasi pada httpd.conf)

Write a Comment

Comment

  1. saya ingin belajar linux saya belum begitu paham tentang linux dimana saya dapat memperoleh panduan2nya sebagai pemula. terima kasih

  2. @mastopo : Macam – macam caranya, diantaranya :
    – Membeli buku Linux (sesuaikan dengan distro apa yang anda pakai)
    – Download dokumentasi/tutorial ttg linux di ilmukomputer.com
    – Bergabung dengan komunitas Linux terdekat di tempat tinggal anda (misal KPLI Jogja)
    – Ikut milis / forum – forum Linux Indonesia (misal: jogja-linux@yahoogroups.com)
    – Sering – sering liat web Linux indonesia, misal : jogja.linux.or.id, linux.or.id, planet.ubuntu-id.org, dll

  3. Gan, bagaimana cara melihat user yg masih konek di komputer linux fedora, seperti windows bisa dilihat siapa yg masih mengakses file yg di share.
    sy sudah mencoba perintah who tapi tidak tampil informasi user & file yg diakses.
    mohon pencerahannya.
    tks.