Bagi temen – temen yang biasa pake CorelDraw di Windows, bisa mencoba untuk menggunakan Inkscape sebagai penggantinya. Secara kemampuan sih saya yakin Inkscape hampir – hampir bisa melakukan semua yang bisa dilakukan CorelDraw (menurut sumber – sumber di internet lho).

Penyakit yang sama dari Inkscape dan software – software lain di Linux adalah manual, tutorial, atau buku yang bisa dijadikan acuan. Saya sempat lama berhenti mempelajari Inkscape, karena mentok harus mencari kemana sumber yang bisa dijadikan acuan. Baru sekitar 2 hari belakangan ini saya mulai lagi belajar menggunakan Inkscape, setelah banyak mendapat video tutorial di YouTube.com.

Oh iya, kalo untuk referensi tambahan mengenai tutorial Inkscape silahkan dilihat disini : http://inkscapetutorials.wordpress.com/ .Banyak sekali tutorial – tutorial bagus didalamnya.

Di blog ini juga ada sedikit perubahan, yaitu gambar di atas (image headernya blog ini). Itu kubuat dengan Inkscape, tetapi finalizingnya tetap di The GIMP. Finalizingnya hanya berupa export dari SVG ke XCF, dan akhirnya ke PNG.

Selamat mendesain..