Lion Air atau Wings Air ?!

37 thoughts on “Lion Air atau Wings Air ?!”

  1. iya masuk akal ya… pada saat anda booking tiket kan pesennya lion air.. harusnya di sitenya diberi informasi bahwa flight blablabla adalah flight wings air punya..

    btw saya belum pernah pesen tiket via Opera Mini, brarti bisa ya 🙂

  2. @philry4n : itu dia.., aku juga bingung.. Pake Opera Mini aku juga baru tau kalo ternyata bisa.., bener2 mobile deh sekarang..

  3. Bah…. ada pula kasus begini ya ? Nanti pesan Tiket GARUDA dimasukkan pula ke Citilink. Pesan Mandala dimasukkan Hercules.. Yang benar aja nih.. Makin rusak aja nih Regulator Indonesia..

  4. Memang benar bahwa Lion air dan Wings air adalah satu perusahaan penerbangan domestik yang bernaung dalam satu manajemen , tetapi melihat kasus tsb. sepertinya hal tersebut dikarenakan adanya perubahan jadwal rotasi pesawat ataupun yang paling sering disebut dengan istilah ” Change aircraft ” jadi dikarenakan pesawat Lion air yang terjadwal sebelumnya sedang tidak dalam kondisi siap terbang dan untuk menghindari delay yang berkepanjangan maka dari itu dipakailah pesawat dengan Logo WINGS AIR tsb.

    tetapi kalau boleh saran , harus lebih diperhatikan mengenai perubahan jadwal tsb. karena untuk armada Lion air sudah lebih bagus kualitasnya diantaranya : Boeing 737 seri 300,400, bahkan yang seri terbaru 900-ER , yang mana dalam armada Wings air belum ada dan mayoritas hanya Boeing jenis MC Donnel Douglas seri 82 yg lazim disebut MD-82 .

  5. @boni : Oh gitu… Aku gak masalah sih dengan “Change aircraft” nya. Masalahnya, kenapa tidak ada pemberitahuan sama sekali?
    Dan ternyata memang kualitas pesawatnya beda ya?

    Oh iya, saya pernah baca di majalah SWA, kalo sekarang peringakat Maskapai Penerbangan berdasar umur pesawat, Lion Air peringkat dua, peringkat satunya jelas Garuda.

  6. Lucu ya ceritane……………………..
    iya tuh Singa gak jelas……………….
    Lanjutin ceritane dunk…….

  7. gw setuju ma semua pendapat..
    mau tenbang pake singa kek, pake sayap kek..
    walaupun satu manajemen yang beda baju, kalo ada perubahan ya mbok di kasi tau penumpangnya….
    ada ga ya kasus di PT KAI…..beli tiket kereta senja ekonomi tn. abang – solo, ternyata keretanya argo lawu??????

  8. Peristiwa yang sama, mas. Baru aja terjadi tadi malam. Reservasi tiket di Jakarta untuk terbang dari Jogja ke Jakarta dengan Lion Air JT 555 dibandrol dengan harga 800 ribu rupiah. Okelah, karena long weekend harga sedikit mahal. Apalagi gembar gembornya sekarang Lion Air adalah penerbangan swasta dengan full service (macam Garuda). Tapi ternyata wekwewwew…..delayed 1 jam, naiknya Wings Air lengkap dengan flight attendants berbaju merah dekil bin lecek dan aroma pesawat yang seperti kain pel basah. Tidak ada service tambahan, even segelas air mineral. Wuih…..ibarat bayar Silver Bird tapi naiknya Blue Bird.

    Ini lagi mau kirim surat pembaca ke Kompas. Telpon ke Customer Care-nya susahnya amit-amit. Buang2 pulsa aja.

  9. saya plg dr jgj dgn lionair JT553 4 okt 2008. benar lo air segelas aja tidak diberikan. sepertinya semua maskapai kompak tidak memberi apapun walau cuma 1 gelas kecil air minum. check in lion 30mnt dgn alasan no penerbangan saya berbeda, pdhl malamnya sy sdh konfirm. ada penumpang di belakang sy batal berangkat (4 org) dgn alasan tiket tidak sah/batal. sy terakhir naik lion thn 2004. br skr coba lg tp kapok deh. profesionalitas lion air emang bobrok deh.

  10. benar sekali..

    hal yang sama pernah jadi pertanyaan saya juga beberapa tahun lalu, dan sempat mau komplen ke manajemen lion, tapi gak jadi.

    secara wings adalah second layer dari maskapai lionair, sepeti halnya Umild dengan Amild, Jempol dengan Bebas, Krimer dengan Dancow yang semuanya jelas berbeda.

    memang pelanggan disini selalu jadi korban dan diperlakukan seolah-olah kita ini sangat bodoh dan pasrah. lihat saja film-film kita, tapi dulu, yang mengesampingkan logika baik dari alur cerita maupun dari teknik pembuatan yang asal2an seperti membuat drama panggung 🙂

    salam/ws’

  11. tambahan..

    kalau kendala teknis, schedule atau apapun, seharusnya dikomunikasikan dengan baik sebelum kita naik ke pesawat. dan bukan menjadi kebiasaan serta dianggap wajar.

    selain kecelakaan, kualitas pesawat serta awak cabin sendiri tentunya mempunyai standard berbeda untuk masing-masing maskapai, sekalipun satu perusahaan.

    salam/ws’

  12. tapi lucu juga ya……. kalo kita beli singa (lion) eh dapetnya sabun cuci (wakakakakkkk) agak susah juga sebagai konsumen untuk milih…. entah gmana cara manajemen tuh airlines ngejalaninnya…. kalo gw, paling sering jakarta-palu ampir sebulan sekali secara perantauan gtu…. dan flight dari n’ ke palu kan dikit tuh, ya otomatis gw pilih sisabun cuci ntu, soalnya schedule pas banget bwt gw… kualitas pesawat jauh beda antara wings dan lion, diliat dari umur juga jauh beda… MD80 yang dipake sabun cuci udah kagak diproduksi ama boeing comp’… tapi untungnya gw naik sisabun cuci hanya ampe makassar aja…. terus ganti deh pake singa, biasanya 737-900ER gtu…. seharusnya emang konsumen tuh dikasih taw sebelomnya make pesawat apaan… biar gak terlalu miris waktu ngeliat pesawatnya sabun cuci ntu….. gw masih berharap sih garuda maw masuk ke Palu…. kapan ya????

  13. kocak jg lo bos nanggepinnya..tp bner jg tuh,tp btw gwcari web bwat boking online wings air kga ada y??gw jg mw naik lion ni..ntar jgn2 gw dikasihnya wings lagi..agh gw tau knp lo dikasih nya wings..coz paha ma dada lg habis jd tggu 15 menit lg y…tp gw rasa lo ga nyesel dpt wings,coz wingsnya crispy…

  14. pak klo mesen tiket Lion tny no penerbangannya.. kalo 4 angka berarti wings air,,
    klo 3 atw 2 angka berarti Lion Air..

  15. hmmm…klo 4 digit kayak codeshare aja…kek Singapore Airlines klo ke Kuala Lumpur,klo nomornya 4 digit,brarti dapet Silk Air,klo 3 digit brarti Singapore Airlines…hmmm..musti teliti nih nomer penerbangannya….jgn yg 4 nomer…

  16. seharusnya sudah saatnya pemerintah harus membenahi masalah pembelian tiket harus loket yang di tentukan pemerintah,atau perusahan yang ditunjuk negara dan ,tidak ada calo, masalah harga sudah saatnya terang terangan ini sudah zaman modern, gara gara hari besar idulfitri, tahun baru smua naik, kapan rakyat kelas bawah menikmati ,terus tertindas, kalu orang berduit sudah tentu memilih yang kelas,betul ngak

  17. PADA GAPTEK SEMUA LO SEMUA

    WINGS AIR DAN LION AIR TUH SAMA 100% SAHAM WINGS AIR TU PUNYA LION AIR

    MAKANNYA TELITI PAS BOOKING
    KALO BOOKING VIA WEB LIAT LEGENDA PENERBANGANNYA
    N LU JUGA BISA LIAT FLIGHT NUMBERNYA JT / IW KALO JT BERARTI LION KALO IW BERARTI WINGS

    SEMUA TIKET WING DAN LION MENGGUNAKAN LOGO LION AIR DI ATASNYA
    DAN CHECK IN CONTER UTK WINGS MENGGUNAKAN CHECK IN COUNTER MILIK LION AIR
    KANTOR PENJUALAN TIKET WINGS MENGGUNAKAN KANTOR MILIK LION AIR
    WEBSITE WINGS AIR TUH G BAKALAN ADA KARNA JADI SATU SAMA LION AIR

    SELURUH KEBUTUHAN WING DI GROUND MENGGUNAKAN “LION AIR” YANG MEMBEDAHAN HAYA LOGO PADA PESAWAT WING AIR NYA ITU SENDIRI

    JD KALO U TELITI PASTI TAU MAKANNYA JAGAN GAPTEKKKKKKKKK LAGIAN MEDIA JUGA GW RASA LEBIH PINTER DARI U KALI………….

    BELAJAR LAH DARI PENGALAMAN INI
    SEMOGA G JD GAPTEK LG

  18. “N LU JUGA BISA LIAT FLIGHT NUMBERNYA JT / IW KALO JT BERARTI LION KALO IW BERARTI WINGS”
    Ya penumpang mana tahu arti kode – kode itu bro.. Sudah tugas dari sebuah jasa/produk untuk menerangkannya pada konsumen mereka.

    Kalo media lebih pinter, ya jelas.. namanya media. ;))

    Salut untuk anda yang sudah tidak gaptek lagi.. Selamat.. 😀

  19. Yang aku tau, kalo pesan lewat web ada tulisannya nanti dikasih Lion atau Wings, bahkan ada jenis pesawatnya juga. Itu kalo masalahnya nggak ada info sebelumnya.

    Nah, soal kenapa ada Lion dan Wings, begini penjelasannya. Sebenarnya maskapai tersebut keduanya berada di perusahaan yang sama, Lion Kartika Airlines. Tugas dari Wings Air adalah melakukan backup untuk mengatasi delay Lion Air yang dulu sering terjadi. Pasalnya, pengiriman pesawan 737-900ER milik Lion sempat tersendat sehingga harus carter sementara. Lion nggak mau dibilang nggak bonafide makanya dibuatlah Wings Air itu.

    Sekarang sudah mulai berkurang koq penerbangan backup itu, hampir semua sudah dilayani Lion Air. Sedangkan saudaranya itu, Wings Air, sekarang bertugas di Myanmar buat membangun Myanmar Airlines (dulu rencananya Myanmar Lion Air, tapi nggak jadi).

  20. Nah, soal kenapa ada Lion dan Wings, begini penjelasannya. Sebenarnya maskapai tersebut keduanya berada di perusahaan yang sama, Lion Kartika Airlines. Tugas dari Wings Air adalah melakukan backup untuk mengatasi delay Lion Air yang dulu sering terjadi. Pasalnya, pengiriman pesawan 737-900ER milik Lion sempat tersendat sehingga harus carter sementara. Lion nggak mau dibilang nggak bonafide makanya dibuatlah Wings Air itu.

  21. bener bgt tuh apa yang di bilang duh klo gk blg2 itu namanya gk adil buat kita sbgai penumpang,,,apa lagi lion lgi heboh2nya pilot yang pke narkoba,,klo ada perpindahan pesawat yg tdk berdasarkn tiket harusnya bicara pakai perkiraan wktu,,kn kita perlu ksih kbr ke keluarga sbelum terbang,,,

  22. biasanya di website tertulis jenisnya apa.. kalo terbang menggunakan pesawat lion air, maka di no.flight akan ada tulisan JT , kalo pake wing no.flight IW. itu aja diperhatiin 🙂

  23. Sekarang aku gak demen sama si Singa, bilangnya paling murah, ternyata giliran dibandingin sama maskapai lain jatuhnya lebih mahal….

  24. aneh yang bilang Gaptek tadi. yg jadi masalah kenapa gak di jelaskan ke Customer. itu kok akar maslahanya. kalo kasih comment tuhh jangan asal nyerotos. anehhh sekali

  25. Lha kumaha yeuh saya dapet kode JT tapi tetep Wings Air. Trus juga waktu saya di pintu departur (ada dua orang petugas), saat saya tunjukin tiket, salah satunya berbisik pada temennya, “Ini gapapa?” (sambil nunjukin tiket saya). Kata temennya gapapa. Entah apa maksudnya.

  26. Iya, saya juga bingung gan. Akhirnya saya jadi korbannya, saya terbang pake wing air dgn flight number di tiket iw13**. Saya tungguin tp ga ada di jadwal, waktu saya cek ternyata pesawat saya menggunakan lion air dgn flight number jt13**.. Nomornya sama tapi hurufnya beda, akhirnya saya terpaksa ketinggalan pesawat karena hal tersebut. Setelah saya complain ke pihak lion airnya, malah jadi saya yg disalahkan dan tiket saya hangus..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *