Malu dengan Model Bisnis Iklan ?

image Sean Parker di film “The Social Network” bilang dia benci iklan, intinya iklan itu “not cool”. Dan kita sama – sama tahu, sekarang bisnis model Facebook (yg diakui) adalah Iklan juga (entah itu targeted user, bla..bla..), intinya itu iklan.. Walaupun rumornya mereka jualan data user mereka.

Twitter pun begitu, saya pernah baca (gak inget linknya) : Salah satu dari co foundernya itu bilang, rasanya kalau meletakkan iklan itu akan mengganggu timeline user, jadi ndak jadi opsi mereka. Sekarang, saya pribadi sudah 2 kali lihat iklan dari Twitter di timeline saya. Ini belum termasuk promoted hashtag.

Founder Tumblr pun begitu juga.. dulu dia bilang : “We’re pretty opposed to advertising. It really turns our stomachs.” Daaan.. akhirnya sekarang mereka pasang iklan juga. -> http://mashable.com/2012/04/18/tumblr-ads/ 😉

Intinya, model bisnis iklan itu masih jadi alternatif yang valid. Jangan malu kalau “startup” kita sumber pendapatannya adalah iklan hanya karena para “pakar” startup berkata hal itu tidak keren. Tapi memang, pasanglah iklan di saat yang tepat, dan jangan menempatkan iklan yang menggangu pengunjung situs anda sendiri.

Eh.., tapi gak harus juga  sih pasang iklan. Kalau sudah terkenal, di-bahas dimana – mana, bisa “jual” startupnya ke investor atau pihak lain yang mau bayar lebih mahal kok. 😉  #uhuk

Link terkait : Mengapa terjun ke bisnis online ?

6 Comments

(Required)
(Required, will not be published)

mangga