Tim Robot Teknik Fisika

Senin kemarin akhirnya proposal untuk KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia – www.kri.or.id) selesai juga, dan udah dikirim lewat Rektorat UGM. Sadis juga kalo ingat – ingat gimana tim kami ngerjain proposal ini.. , sampai gak tidur semalaman, padahal paginya ujian ada 2 mata kuliah : Matematika Teknik sama Elektronika.. Gagal semua deh. GILA…!!

Ada hal yang cukup mengejutkan sewaktu proposal diantarkan ke gedung pusat UGM. Menurut mereka sampai saat itu baru ada 3 proposal untuk KRCI yang masuk ke rektorat. Sedangkan untuk KRI sangat banyak (kalau nggak bisa dibilang “membludak”). Dari Teknik Fisika aja ada 7 proposal, dari Teknik Elektro 8 proposal, Teknik Mesin ada 4 proposal, LPKTA setahuku ada 1 proposal. Itu baru dari fakultas teknik. Dengar – dengar dari MIPA, jurusan Elektronika Instrumentasi ngirimin 2 proposal juga. Gilaa…, dari sekampus sendiri aja segitu banyaknya.. padahal paling banyak diterima cuma 5 tim (5 ini termasuk tim KRCI). Serem juga persaingannya.., untung aja aku gak jadi ikut yang KRI, padahal sudah sempat mendaftar di panitia KRI lho. Doain ya biar proposal KRCI tim ku diterima..

45 Comments

  1. allow
    yu mesti master dunk dalam teknik membuat robot,
    boleh ga ai minta beritahu cara buat yang sederhana, yang bisa dikendaliin lewat pc, kalo boleh kirim ya cara buatnya
    aku pengen banget mbikin
    plisss
    thank b 4

  2. GUE CUKUP BANGGA PUNYA TEMAN-TEMAN INSTRUMENTASI YANG BERANI UNJUK GIGI BUAT PROPOSAL ROBOTNYA ,MET BERHASIL DAN SEMOGA DITERIMA (ANAK’04 INTEL)

  3. mas mo tanya kalo kita mau bikin robot tu caranya gimana dan apa aja yang mesti disiapin ajarin dong caranya makasih

  4. Waduh.., caranya ?? panjang bos kalo dijelasin.
    Tapi step pertama jelas.., kamu harus bener – bener ngerti elektronika dasar.

  5. aku mau tanya bagaimana cara buat robot secara sederhana coz ku masih awam banget n klo pke bahasa program itu biasanya pake bahasa program apa? klo bisa ajari ya????? thank’s

  6. Kak, tolong sich kirimin e-mail cara membuat robot sederhana. Soalnya saya ingin sekali membuat robot.

  7. Waduh.. pada nanyain cara buat robot nih.., aku juga gak ngerti bos..
    Tapi aku kasih tips deh.., yang jelas gak ada yang mudah
    1. Harus mengerti elektronika dasar, minimal2 komponen2 nya dan fungsi2nya.., terus ttg rangkaian umum, penguat, sensor, dll
    2. Harus mengerti pemrograman dasar, Assembler dan C/C++ itu minimal..
    3. Paham ttg sistem digital.., karena ujung2nya banyak mainan sinyal digital.
    4. Berdoalah.. 😀

  8. duh, ajaRin donk, caRa2 buat Robot..
    biaR Indonesia juga kagak kaLah ketimbang jePang yaNg mayoRitas biSa ngebuat Robot…

  9. numpang nimbrung y… klo ada yg tw situsnya bwat biin robot sederhana jgn lupa ksh tw y kk…
    thx kk

  10. halo,,,,,,,, aq dr jurusan tekinik listrix mau tanya g mn cara buat komponen kompone yg ada d dlm robot karena aq mau mempuyai inspirasi tentang robot masa depan , karena aq sudah mau menciptakan sejak dulu tapi ribet denngan kmponen ya atau membuat pcb yang akan d buat kompone yang tepat

  11. tolong kirimin cara bikin robot yang sederhana dong,
    kalau ada e booknya download di mana??

  12. assalamuallaikum..

    hay..kawan salam kenal ya..
    aq leh minta tolong ngga
    boleh ngga aq minta cara-cara dan trik membuat robot sederhana
    makasih ya atas jawabannya

    wassallam…

  13. @ahsan, arya, fahrul : Kawan…, aku gak tau cara bikin robot.. Itu jaman dulu waktu baru mau belajar.., tapi teknis cara bikinnya aku sendiri gak ngerti..

  14. Asw, Bang, Mas atao apalah tolong pisan kirimin cara membuat robot yang sederhana kalo bisa dari bahan-bahan bekas, pokokknya dengan biaya murah!!!!!!! secepatnyaaaaaaa ya!!!!!!11thanx kirimin ke wilstone_girl@yahoo.com ya!!!!!!!Wass.

  15. cara ngebuat robot manual gimana sih????!! soalnya asik banget! coz q lebih suka robot manual… tolong dong, ajarin gimana caranya???kalo g bisa ngebuat robot yang paliiing sederhana aja deh!!
    terima kasih banyak……

  16. cara buat robot sederhana g;mana?
    perlu bahan apa aja?
    bayanya brapa?
    prosesnya lama g’?

  17. wew pada nanya buat robot smua, mang susah amat ya?
    pada kul ato skul neh (weekkekeke).
    mnurut wa robot yg susah cuma cari motor kanan n kiri yang presisi, sisanya g susah” amat kok SUMPAAAAHHHH…
    Tips dr wa neh:
    1. Beli mainan yg prinsip ngendaliin rodanya diferensial (ban kanan n kiri ada motornya +
    gear BOX) bukan sistem kayak setir mobil (biasa mobil RC). Mainan kayak gini biasanya ad
    d mainan kayak traktor ato buldoser bagus neh.
    2. Pelajari n cari data sheet trus cara make driver IC L298 (H bridge) jgn L293, tinggal
    nambah kapasitor mkm 100nf n jgn tambah resistor spt d data sheetnya.
    3. Pelajari 1 mikrokontroller yg sederhana (AT89S51) pake bahasa assembler untuk input
    output aja g usa lebih. (sabar)
    4. Pake metode kendali sederhana seperti ON/OFF g usa aneh” kayak PID ato Fuzzy dlu
    (sabar).
    5. sebelum pake sensor (sensor garis) coba program maju 5 detik, mundur 5 detik, kanan 5
    detik, kiri 5 detik, n rotasi 5 detik.
    6. klo uda bisa 5 di atas kujamin tar bakal semangat n ga nganggap buat robot itu susah.

    Robot is Fun maaaaannn…

  18. oiya tambahan neh.

    g perlu tau amat ttg elektronika dasar yg penting tau cara make transistor sbagai saklar ja.
    yg penting elektonika digitalnya paham

    wa elektronika dasar ulang 3 kali masih E juga ASUUUUUU

  19. bang..
    ne nuel anak fistek ugm07..
    udah sering denger tentang abang di kampus..
    aQ masih bingung mo masuk bagian energi ato instrumentasi..
    secara aQ suka nya di bidang robotika..
    ada saran ga bang..??
    truZ bidang instrumentasi tu tar ngapain aZ..??
    makasi ya..

  20. oh iy, bisa mnta no hp nya ga..
    sapataw tar ada yang mo ditanyain lagi..
    tolong ya..

  21. Wah bentar lagi ada seminar tentang robot neh di Sanata Darma.. Yang mo ikut silahkan ikut..

  22. @immanuel lumban gaol : Halo Nuel.. Kalo mo masuk instrumentasi, dasar prinsip kerja alat elektronik harus kuat. Teoritis belakangan aja.. Yang penting konsepnya. Tapi yang jelas harus berani mencoba bikin rangkaian, harus bisa bikin simulasi elektronika kecil – kecilan. Ntar juga bisa kok.

  23. kasih tau donk website yang ngejelasin cara buat robot donk please. buat robot susah banget ya???

  24. Jangan tanya okto soal robot……….. tapi, kalo program robotnya itu baru beda…….. Kalo mau bikin robot, tanya sebangsa muad, (buat yang jurusan teknik fisika) untuk elektroniknya

    Terus, rata2 buat robot itu team bukan individual, secara lebih baik bagi2 keahlian…… Mungkin bagian ini Okto programmernya kalo aku gak salah nangkep……

    Kalo elektronika E 3 kali itu mungkin masalahnya di sirkuit otaknya, (mungkin gak pernah masuk + ngerjain tugas……)….. saran bu faridah itu- cuma perlu rajin aja untuk dapet minimal B…………..

  25. aku mau nanya? tolong ajarin aku bagaimana cara buat robot yang sederhana aja dulu,skemanya saja juga gak apa – apa

  26. mas aku sudah buat mobil – mobilan yang pakai sensor.tapi sampai situ saja karena aku sudah nyari informasi mulai dari buku dan internet tapi masih belum dapat.bisa tolong beritahu aku gak mas buku apa dan situsnya apa yang bisa bantu aku untuk buat robot.

  27. Bang sya orag awam bsa g bkn robt soaly sya hobi/sneng liat robt” crdas sya pgen mencptakn robt yg bs dgemara ama anak2 y mugkn anak2 golgn mnegah kbwh gmn ad g bag

  28. huy, ak mau tanya dunk, cara membuat robot sederhana yang bagus tapi gak perlu biaya banyak gimana? Mohon bantuannya yya. Makasiih!

  29. maz…caranya buat robot sederhana buat menduplikat logo kaos biar lebih efisien gmna seh???tlng ajarin yaa…makasiii

  30. minta rangkaian robot pencari cahaya berbasis sensor LDR menggunakan mikrokontroler AT89S51 ada g?

    plizzz

    yhx

    GBU

  31. assalamualaikum!
    salam kenal
    mas, saya minta tolong nich
    cara membuat robot gimana cii?
    terus cara membuat robot yang sederhana tapi bagus dan gak perlu biaya banyak gimana? Mohon bantuannya yya. Makasiih!

  32. assalamualaikum! salam kenal mas,saya minta tolong caranya membuat robot gimana cii?,saya ingin mau kamu mengirim pesan untuk membuat robot.saya mohon!,saya ingin tahu caranya.mohon bantuannya yaa.terima kasih!

  33. mau tau kalo bikin robot itu yang sederhana jenisnya apa yak?
    trus tau gak alamat cara pelatihan pembuatan robot sederhana itu? mau minta link nya dunk please bangeet 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *