Mengatasi Gnome yang Boros Layar

Kalau anda pengguna distro Debian, Ubuntu atau Fedora, tentunya anda terbiasa dengan desktop GNOME. Karena default dari distro ini menggunakan desktop GNOME.
Secara struktur sih aku sendiri senang dengan GNOME ini. Tetapi akhir – akhir ini ada saya merasa ada yang salah dengan GNOME ini. Yah bukan salah sih, tapi setidaknya bagi aku sendiri kurang nyaman.

Maksudnya boros layar itu begini. Secara default, GNOME kan memiliki panel – panel didesktop anda. Yaitu di bagian atas, dimana terletak Menu Aplikasi, dan menu untuk System anda, dan panel di bagian bawah, dimana window list anda terletak. Masing – masing panel ini kan lebarnya sekitar 25pixel. Jadi total dari panel atas dan panel bawah anda telah memakan display monitor anda 50px. Memang kecil sih, cuma 50px. Tapi dengan display notbuk ku yang WXGA, tinggi nya cuma 800px, 50px itu berharga bos..!

Tapi jangan khawatir, hal ini bukan tidak bisa diatasi sih. Banyak cara yang bisa dilakukan. Nih misalnya :
1. Pake menu autohide, anda bisa klik kanan diatas panel, terus pilih menu propterties. Nanti ada opsi autohide, silahkan dicentang. Anda bisa autohide salah satu window ataupun keduanya. Cuma kalo aku sendiri sih gak pernah nyaman pake autohide ini, baik satu maupun keduanya.
2. Membuang salah satu panel dengan klik kanan, Delete this panel. Enaknya sih yang bawah yang dibuang. Soalnya panel atas kan tempat Menu aplikasi, Menu system, tanggal, dan informasi lainnya.
Tapi jangan lupa kalau sudah membuang panel yang bawah, anda harus menambahkan Window List di panel atas anda. Kalau tidak, anda akan kebingungan mencari aplikasi yang anda minimize.

Cara menambahkan window list nya juga gampang kok : Klik kanan di atas panel – Add to panel -  Window List.
Masih gak nyaman dengan window yang terletak di atas, bisa dipindah ke bawah kok, tinggal klik kanan diatas panel, pilih properties, terus lihat dibagian Orientation, ganti dari Top menjadi Bottom.

Kalau anda merasa layar anda masih kurang cukup juga.., tenang saya punya solusi lain juga kok. Begini solusinya :
Untuk PC, belilah monitor baru yang lebih gede resolusinya
Untuk notebook, pasanglah kabel monitor yang baru anda beli tadi ke Monitor Ouput dari notebook anda.
Silahkan caci maki saya.., ha..ha.

5 Comments

Add yours

  1. aduh, kalo ini ya emang lumrah
    bagus juga buat oemula
    aku oingin yang oanelnya bisa diganti-ganti gimana yach/
    semisal klik start menu trus tampilan panelnya bisa diubah-ubah gitu loh
    thks
    artikel ; sip

  2. Wah kalo untuk itu setahuku bisa. Tetapi anda harus bermain – main dengan scripting. Coba liat di gnome.org Kalo gak salah disitu ada..

  3. Bos, “caci caci caci caci” “maki maki maki maki” ide yg bagus. 🙂

  4. @ksrhna : what the maksud??

  5. bagus tu idenya…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *