mx.content-type.cn – Trojan di Jaringan / Komputer Anda, Waspada..

Saya tidak tahu apakah istilah “trojan di jaringan” itu benar atau tidak. Tetapi yang jelas postingan saya sebelum ini, tentang URL h**p://mx.content-type.cn:443/day.js itu salah.

Referensi terkait yang benar bisa dilihat di :

Jika anda membuka sebuah situs, kemudian anda melihat di status bar browser anda (Firefox, IE, Opera, dll) web tersebut me-load script : h**p://mx.content-type.cn:443/day.js, maka kemungkinan besar komputer anda / jaringan anda telah terkena trojan tersebut.

Pengguna Linux aman? Tidak sama sekali.. Saya hanya menggunakan Ubuntu Linux di notebook saya untuk bekerja,  dan ternyata saya tetap kena.. 🙁 Walaupun saya tidak tahu apa pengaruhnya bagi komputer saya, tapi yang jelas hampir semua web yang saya buka sekarang telah di-inject script itu..

Kemarin saya sempat mencari di Google, tapi tidak menemukan referensi yang tepat. Ternyata kata kunci saya yang salah, karena penasaran saya cari lagi, dan saya menemukan dua referensi di atas.

Adakah rekan Linuxer yang tahu bagaimana mengatasinya? Sementara ini saya cuma mengarahkan domain dari URL tersebut ke IP 127.0.0.1 (dengan menambahkan entry baru di /etc/hosts).

(Maafkan saya teman, karena terlalu terburu – buru mengambil kesimpulan, hingga menuliskan postingan tidak benar kemarin..)

15 Comments

Add yours

  1. saya maafkan teman.

  2. iki yo sak ugm wes kena to.. malah linux yang ga bisa ngenet http

  3. Seperti yang dibilang mas agung, virus ini sudah mewabah di UGM. Penjelasannya ada di sini

  4. Perasaan sampai saat ini kampus saya masih aman2 aja….

  5. Terima kasih… *peluk bung Andra

  6. Welaah… ternyata memang menyebar di jaringannya UGM toh.
    Terus gimana dong ngatasinya?

  7. saya pengguna linux dan belum merasa kena sih.
    tp buat pengguna linux rm -rf .mozilla manjur gak ?

  8. Komputer Linux ternyata bisa turut menyebar virus (sebagai carrier), sedangkan hostnya Windows yg tidak punya anti virus.
    Apakah korban sakit parah atau bisa meninggal sepertinya belum diketahui. Tapi harus diwaspadai karena trojan ini bisa jadi jalan untuk mendapatkan celah-celah keamanan, pencurian data, … (hmmm internet banking…)

  9. EHh ehh kalo pake MAC aman ga sih, gawat kalo disusupi juga 😀

  10. hati-hati, bung andra! anda mau dipeluk bung okto. apa kata dunia? hahaha…

  11. wah, baru tahu tehnik yang ginian nih, berarti harus lebih waspada lagi. Btw, koq bisa dia bercokol di browser ya? emangnya pake browser apa Lae?

  12. wah ngeri main peluk aja :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *