Saya Ingin Mencari di Google.com, bukan Google.co.id !

Saya cukup jengah dengan keputusan Google yang memilah – milah hasil pencariannya berdasarkan lokasi IP anda. Jika saya mencari dengan fasilitas search Google di Firefox (pojok kanan atas), maka otomatis saya dibawa ke hasil pencarian dari Google.co.id. Disini Google.co.id sepertinya mengutamakan hasil pencarian dari website berbahasa Indonesia.

Memang beda hasil pencarian dari Google.com dan Google.co.id?
Beberapa waktu belakangan yang saya alami IYA. Coba saja cari dengan kata kunci : “SOAP”. Di Google.co.id hanya ada sekitar 68,300,000 hasil penelusuran. Tetapi di Google.com ada sekitar 68,500,000 hasil pencarian.

Bukankah beda 200.000 itu jumlah hasil pencarian yang signifikan?

Kadangkala saya juga menemukan mencari dengan search box di Firefox berbeda hasilnya dengan langsung membuka Google.co.id di browser. Aneh..

Ini yang sering membuat saya jengkel. Ketika akan mencari sebuah informasi lewat Google dengan kata kunci tertentu, Google.co.id malah memberikan hasil pencarian dari tulisan – tulisan berbahasa Indonesia yang tidak ada hubungannya dengan yang saya cari.

Jika saya mengakses langsung Google.com, tetap saja di redirect ke Google.co.id. Dan search box di Firefox pun defaultnya mengarah ke Google.co.id (saya masih belum tau bagaimana cara mengkustomisasinya).

Tidak ada jalan lain? Untungnya masih ada.. Yaitu dengan menuliskan langsung URL nya yang lengkap.
Misal : google.com/search?q=kucing+garong

Tapi repot ya? Ya iyalaah.. Saya pun kerepotan.., harus sering – sering nulis URL manual seperti itu. Tapi masih ada cara lain yang lebih simpel kok. Pakai saja Opera ! 😀

Search Box nya Opera diarahkan ke Google.com. Jadi hasil pencariannya lebih valid (kecuali jika anda memang mencari informasi berbahasa Indonesia).

Sayangnya bagi saya ini masih belum jadi solusi. Karena Opera di Daryna-Hardy saya ini tidak mau menjalankan Flash, walaupun jelas – jelas plugin Flash nya telah terinstal.

Inikah yang namanya “menyelesaikan masalah dengan masalah”?

NB: Untuk yang main – main dengan SEO, berarti sekarang nambah satu pertimbangan lagi. Penerapan SEO nya untuk di negara mana? Karena hasil pencarian di Google sekarang belum tentu sama untuk tiap negara. Ditambah lagi isu bahwa Google akan menambah algoritma hasil pencarian berdasarkan behaviour.. Ah, mengapa tidak dibiarkan generic saja ya?

43 Comments

  1. Nggak cuma di Opera Daryna-Hardy aja kok… Kayaknya plugin flash yang disediain Adobe nggak cocok sama Opera Linux. Kalo Opera Windows sih fine-fine aja tuh…
    Atau mo nyobain install Opera Windows version pake Wine??

  2. Saya lebih suka Google dalam bahasa Inggris. Jadi saya tidak suka Google yang berbahasa Indonesia. Untuk memilih Google Internasional, saya tidak perlu melakukan setting apapun. Cukup telusuri Google.com/ncr maka secara otomatis saya menggunakan Google Internasional. NCR itu konon adalah kepanjangan dari No Country Redirection yang artinya kita tidak akan diarahkan ke Google local berdasarkan IP yang kita gunakan.

    Penggunaan Google.com/ncr ini tidak mensyaratkan kita melakukan login ke akun Google kita. Jadi, menurut saya cara ini lebih mudah, cepat dan aman.

    Kalau ingin mencoba, silakan kunjungi google.com/ncr sekarang juga.

  3. iya nih agak repot juga..
    kalo aku biasanya pake search box, trus di link yang kluar .co.id-nya diganti .com ..
    ribet jg

  4. @maseko : Maaf mas, saya gak ngerti cara set trackback nya (juga karena belum pernah pake.. :D) Nanti saya coba beresin deh.., mungkin ada setting yang terlewat..

    @pras : lah.. tambah repot

    @jenang putih & pujiono & maseko : Nah.. kayaknya NCR nih yang bener.. Saya dulu seringnya pake google.com/webhp (ntah artinya apa, tapi dapet dari link di bagian tentang coporate nya Google sendiri).

  5. Banyak ISP gelap di Indonesia yang pakai downlink bandwith gelap tanpa ijin dari satelit DVB china misalkan, akibatnya begitu Google, keluarnya semua dalam aksara China dan gak satupun option untuk ganti ke English atau Indonesia 🙁

  6. @maseko : ohh.. ternyata di setingan WP saya trackback nya dimatikan.., dah dienable lagi kok.

  7. harusnya ada settingnya di ff, klo di Opera gw tau :p , kalo ff lagi gak pegang. Kalo flash di linux kenapa suka ga jalan karena developer flashnya emang bikinnya buat ff duank speknya

  8. Baru tau saya ada seperti ini…pantas, kalo mencari di google ada bahasa indonesianya.
    Padahal saya cari di halaman web umum bukan indonesia

  9. mestinya caranya sederhana mas..

    Akses Google.com (akan diredirect ke google.co.id). Nah lihat kebawah, kan ada link “Google.com in English”. Klik aja itu. Untuk selanjutnya, Firefox akan mengingat google.com.

    (nggak tau kalau di linux jalan apa enggak ya… saya masih windows :mrgreen: )

  10. @philry4n : wah.. ya pantes kalo gitu di Opera sering ngadat..

    @b4kp0 3LiT3 : tergantung IP, proxy, gateway, dll jg sih.. *languange di OS juga

    @suwiryo : tidak selalu kok

    @aziz : saya pernah coba, tapi balik lagi ke .co.id 🙁

  11. wealaaaah ternyata google keren banget ya…

    bisa ngerti IP orang laen!!!

    bahaya dong…

  12. @kawul kabarnya isi dokumen ber pasword juga bisa tembus oleh crawl google.
    kadang kesel juga seh langsung direc ke .co.id. tapi kan ada pilahan .comnya juga di halaman depan.

  13. Setuju sama commentator diatas saya (pak chodirin) klik aja google.com in english di halaman utama kanan bawah ..hehehe

  14. saya juga mengalami masalah yang sama nih, setelah dapat informasi dari komen disini ternyata memang google.com/ncr solusinya.. thanks. dan salam kenal

  15. iya,nih nyebelin bnget, saya jg jd korbanya,. maklum sy orang awam,.., bagaimana solusinya yaahh
    .

  16. mumpung lg bahas google.com dan google.co.id…saya coba cek posisi serp web saya dgn satu keyword dan hasilnya di google.com berada di page 1 tp di google.co.id entah berada di posisi berapa ..kira2 itu dipengaruhi apa ya mungkin ada yg mau ngasih masukan terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *