Programmer Sukses

Bulha sedang menunggu pesanan sego kucing dan es tehnya ketika seorang gadis yang membawa kamera DSLR, dengan tas ransel di pundak, kaos oblong, dan celana jins pendek mendekatinya lalu duduk di sampingnya. Lokasi mereka nongkrong memang cocok untuk mengabadikan apa yang terlihat di depan Monumen Serangan Umum 1 Maret, yaitu di depan Kantor Pos perempatan alun – alun utara, Jogja.

Bermaksud mengisi kesunyian karena Haran tak kunjung datang, Bulha bertegur sapa dengan gadis ini.

Bulha : Wah.. fotografer nih mbak?

Si Mbak : Ahh.. enggak kok. Cuma hobi aja. Keliling – keliling nyari objek bagus. Ini juga baru belajar.

Bulha : Oo.. Potongannya udah cocok lho mbak jadi fotografer profesional.

Si Mbak : (Tersenyum seraya membidikkan lensa kameranya ke arah turis domestik berwujud alay yang sedang heboh berfoto ria di depan monumen bersejarah itu.)

Bulha : Emang kerja dimana mbak?

Si Mbak : Oh.. saya programmer kok mas. Freelance.

Bulha : Emm.., sama kaya saya dulu. Dulu saya freelance juga di Jogja. Tapi sekarang kerja di Jakarta, programmer di bank swasta.

Si Mbak : Whuee.. asoy tuh gajinya, ha..ha..

Bulha : Gak juga standar kok. Eh, freelance sendirian ato ada timnya, Mbak?

Si Mbak : Sendiri aja. Tapi kadang kalo loadnya berat, ya di outsource ke temen – temen freelancer lainnya juga. Terutama desain. Selera desain saya jelek.., he..he.. (lalu memanggil si empunya angkringan, memesan susu jahe).

Bulha : Kenapa gak bikin tim aja, Mbak?

Si Mbak : Buat apa?

Bulha : Ya.., nanti kan bisa jadi lebih besar resource nya.

Si Mbak : Terus?

Bulha : Ya terus bisa ngambil proyek lebih banyak lagi. Gak kecapekan.

Si Mbak : Proyek lebih banyak buat apa?

Bulha : Ya biar pendapatan makin gede. Ntar bisa jadi perusahaan malah.

Si Mbak : Lah terus?

Bulha : Nah.., kalau udah jadi perusahaan kan enak. Ada timnya sendiri, punya anak buah. Sistemnya udah bekerja.

Si Mbak : Kalau sistem udah bekerja?

Bulha : Nah Mbak kan bisa jadi lebih nyantai. Bisa nerusin hobi fotografi. Keliling – keliling nyari objek bagus, nongkrong di angkringan sambil minum susu jahe..

Si Mbak : Lah ini saya lagi ngapain? (saat membidikkan kameranya, si empunya angkringan mengantarkan susu jahe pesanannya).

Bulha : *bengong*

Cuma sekadar sudut pandang lain. Hidupmu, pilihanmu.

NB : Cerita ini saya dengar dari kakak saya, tidak tahu siapa yang menulis aslinya. Cerita aslinya tentang nelayan. Saya sesuaikan jadi bertema IT.

21 Comments

Add yours

  1. itu maksudnya si mbaknya udah punya perusahaan makanya lagi foto-foto.. hehehe 😀

  2. ini ada hubungannya dengan gitaris kemarin, ban?
    Nice story, tp aku kok kebayangnya mbak fotografer itu seorang pria paruh baya ya 🙂

  3. @Takodok Ndak ada hubungannya kok.. Ha.ha..

  4. Nama suamimu siapa, mbak? Sergey Brin. Oh…, pantas.

  5. Ha..ha.. Boleh juga..

  6. Bulha nya diganti Bulma ja To!

  7. hehehehe,,, unik nih ceritanya, apalagi di akhir cerita,, mangstab,,, tuh impian kamu ya bang??

  8. lumayan lucu jg ya,mbak nya sombong deh keknya. 😛

  9. Gak kok.. Itu cuma sebersit cerita..

  10. Laik dis, gan….

  11. cerita cerdas, tapi ada 2 kumungkinan si bulma memberikan nasehat
    di tulus atau dia tidak paham apa yang sedang di bicarakan alias SKSD

  12. wah.. ini pasti pengalaman pribadi waktu ngobrol sama Si Mbak “Toel” .. heu heu heu

  13. Setiap orang memiliki titik puasnya sendiri-sendiri 😆 …. Kirain cerita pribadi mas :mrgreen:

  14. Biasanya kalo orang nulis cerita itu ada keinginan juga seperti dalam cerita.
    Betul tidak bro? 😀

  15. Menginspirasi bang okto,..

  16. lha ini saya lagi ngapain?. ceritanya menarik. salam kenal bang okto.

  17. Betul serita aslinya ttg nelayan.. tapi oke juga diaplikasikan buat profesi Freelance programmer

  18. wah…mantap ni mas ceritanya…

  19. yang lagi curcol ya,
    dari bisnis IT sampai sekarang bisnis saham

  20. Ini tulisan lama banget Jon, tahun 2010. Lah itu kamu udah pernah comment kok di atas. Hahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.