Engineering Physic UGM – Fisika Teknik UGM (Universitas Gadjah Mada – Jogja)

76 thoughts on “Engineering Physic UGM – Fisika Teknik UGM (Universitas Gadjah Mada – Jogja)”

  1. heh mas…. emangnya fisika jelek gitu !!
    selama ini memang banyak yang merendahkan fisika murni. Tapi liat aja masa depan bangsa ini . bangsa ini terlalu mengagung-agungkan yang namanya TEKNIK dan mengabaikan perkembangan ilmu murninya.
    DI Fisika murni kami selain belajar teori yang mendalam , juga belajar terapannya. nggak seperti dibayangkan orang fisika hanya belajar tentang bandul atau pegas dan sebagainya. 🙁
    tapi kita juga belajar terapan (baca :teknik fisika). liat di fisika juga ada matkul as : laser, elect. devices, superconductor, acoustic, modern optics, adv. electr., microcont. ,semiconduct, etc. Tapi biar nggak keilangan dasarnya kami juga belajar kayak Modern Phys, Theor. Classical Mech, Quantum Mech/Phys, Nuclear Phys., Solid State Phys., Theor. Waves, Electromagnetics/electrodynamiscs, etc.
    jangan lupa fistek ada karena FISIKA MURNI

  2. Lho?? yang bisa jelek sapa?? Aku enggak bilang kaya gitu kok.. Mungkin mas Fisman sendiri yang beranggapan seperti itu. Bagiku sih ilmu apa aja gak ada yang jelek.. Mo MIPA kek.., Teknik kek.., ato sosial.., ekonomi.. dll. Ya, mungkin pernah ada org yg berkomentar seperti itu pada anda (Fisman). Tapi itu cuma omongan orang2 yang gak ngerti aja kok.

    Dan kata – kata ini “jangan lupa fistek ada karena FISIKA MURNI” sebenarnya bisa lebih membanggakan lagi bagi mas Fisman sendiri, kalo saya bilang malah seperti ini :
    “Teknik itu ada karena ada fisika”.

    Nah.., gitu lebih bener malah.. Gak bakal ada Fakultas Teknik (apalagi jurusan Fisika Teknik) jika tidak ada Fisika Murni..

    Yah.., paling salah paham aja Peace… 😀

  3. yap mas laban bener banget. thanks buat jawabannya ya mas. aku emang dari dulu suka banget sama fisika. sampe bela belain beli buku fisika apapun judulnya asal ada kata einstein, newton dll. cuman, aku pernah kecewa beli buku fisika yang isinya filsafat. jujur aja, fisika bukan buat berfilsafat apakah suatu saat nanti fisika akan menjadi penggerak teknologi.tapi fisika itu kepastian!! kalo masalah murni ato teknik kupikir sama aja. dulu aku juga mikir, fistek apa mipa? bingung banget deh. Tapi emang dulu pikirannya kurang keren kalo di mipa, so, aku pilih teknik. setelah masuk, ternyata sama saja ya.ups, mas laban, kalo akustik bisa njelasin gak? soalnya aku denger jurusan kita mau buka konsentrasi akustik..

  4. Yo’i sama2.
    Kalo soal akustik, aku jg memiliki minat besar disitu, cuma otak gak nyampe bos.. 🙁

    Kalo konsentrasi yg mau dibuka bukan akustika, tepatnya Fisika Bangunan. Kalo emang mau minat disini, kuatin deh mata kuliah fenomena gelombang, radiasi visual sama akustika. Itu modal dasar bos..

    Btw, maen2 dong ke KMTF kalo bisa ngobrol langsung kan enak. Masa satu kampus tapi tanya jawab lewat internet.. (canggih banget.. ;D)

  5. kata fisman:
    “kami juga mempelajari seperti di Fisika Teknik”
    ini menunjukkan bahwa untuk bisa survive (di dunia kerja) maka kurikulum fisika di buat terapan (teknik).
    kalau di Indonesia mau kerja dimana coba, kalau mempelajari Fisika Teori, wong lowongan-lowongan adanya Teknik, makanya akhirnya kurikulumnya dibuat terapan atau sama denganTeknik Fisika 🙂

  6. hohoho tnyata ada yang peduli ama almamaterku fistek …
    gini mas aku sering baca tulisanmu lhoo ….
    anu aku kan alumni fistek tapi konsentrasinya aku ngambil management energi dan TA ku tu pake program simulasi CFD (computational Fluid Dynamics) yaitu fluent … dengan program ini kita bisa bikin simulasi mekanika fluida dan akustik pada segala macam benda liat aja di fluent.com … pokoke keren baget …. tp aku kesulitan nyari kerja yang sesuai di indonesia soalnya profesi analis/konsultan akustik atau mekanika fluida (heating,ventilating,air conditioning, piping dll) blon begitu populer di indonesia ada saran ga k mas buat aku … pengennya sih bikin biro konsultan energi tapi…..

  7. Wah.., sering baca tulisanku ya?? dimana? bukan di majalah Playboy kan? 😀

    Kalo kesulitan cari kerjaan di Indonesia dengan kemampuan mas.., kenapa tidak ke luar negri aja?

    Yah.., memang agak susah infonya, tetapi mungkin di internet ada. Ntar deh.., kalo aku nemu infonya tak publish di websitenya KMTF..

    Btw, ide untuk konsultan energi itu bagus banget mas.., masih jarang kan disini. Coba masuk di forum KMTF, liat bagian outsorcing ato enterpreneurship…, memang sering isinya ngawur.., tapi kalo ada yang memulai dengan topik serius bisa juga kok..

  8. WAh to,,,kasih tau jobseeker dong about vacancy yup…hehehe..

    tmn yah dah lulus need bgt lho….
    ok ,, i depent on you bro…
    thanks

  9. mas aq mw nanya,,,fisika tek itu ntar prospek kerjanya gimana ya???bisa apa aja?bisa kerja dimana aja,trus kalo wirausaha juga bisa buat prusahaan apa aja???sori ni dateng2 langsung tanya ginian,,,,soale kliatannya situ ahlinya,,,,,he3x….

  10. Ga usah minder jadi anak teknik fisika…waktu saya dulu masih jadi kontraktor System Integrator ( PLC Programmer) pernah ngumpul di jakarta anak TF sak abreg, pokomen setelah lulus alias masih ijoo…lamar tuh SI, dan inget pandangan ente-ente adalah belajar sambil di gaji…jangan muluk2 dulu, pasti enjoy, baru kalo dah bisa buat tuh SCADA nya Chevron, TOTAL, VICO ente2 baru naikin grade, ….
    Bukan cuma itu kalo ada mata kulieh turbine, akustik, mekanike fluide, intrumen, control, mikrokontroler, jangan tinggal tidur..itu penting brooo….kita dapet semua ilmunya..loh.
    jadi harus bangga…jadi FISTEKER
    aku denger temenku yg pinter turbine gas ratenya US$1000/day..itu baru di indonesia…
    yach…yach…salam buat TF UGM 98..mangsud lohhhhh

  11. ito.. sama nya.. tiap ditanya, jurusannya apa? teknik kimia?

    “oo…. kimia…..”

    “BUKAN….. BUKAN KIMIA TAPI TEKNIK KIMIA…..”

    trus lanjutannya biasa gini…

    “WAAHH…. BISA BIKIN BOM DONK………”

    . jangankan bikin bom, jadi pramuniaga aja bisa .

    *garuk-garuk dinding*

  12. wah anda hanya mendeskripsikan fisika teknik di UGM ja ya..,

    emang sama gitu Fisika Teknik di UGM ma di ITB,ITS ataupun universitas yang lain..,????
    kayaknya kurikulumnya bisa beda deh..,

    bukan cuma bahas masalah energi ma listrik ja.,.,
    tapi msh banyak yanglainnya…

  13. Fismur emang kurang keren, kurang elit,

    tau gak kenapa?
    ya karena biasanya menjadi pilihan ke dua di UM/UMPTN,

    kenapa lagi?
    ya karena peminatnya kurang

    kenapa tuh?
    ya karena cari kerja lebih susah dari pada teknik

    loh Kok bisa?
    lha di sini gak ada kegiatan R&D di perusahaan, jadinya gak ada rekruitmen tuk Fismur/MIPA, akhirnya MIPA juga jadi Engineer sama kayak Teknik, tapi perusahaan lebih suka Teknik, lha memang itu kerjaan Insinyur, jadinya orang ilmu murni susah cari kerja kalah bersaing dengan lulusan Teknik, bisanya jadi peneliti, guru, dosen, mau ke industri bisa tapi lebih susah drpd lulusan teknik.

    kalau MIPA UGM?
    ya lumayan lebih gampang di banding MIPA lain karena ada nama UGMnya
    kan Fismur juga terapan?
    nah itu keblingernya, karena gak laku maka dibuat terapan juga, untuk menarik mahasiswa baru dan agar lulusannya laku di industri, seharusnya MIPA harus murni, mengembangkan ilmu untuk riset dan development seperti di negara maju.

    kenapa di LN Fismur itu ELIT?
    ya karena di LN banyak kegiatan Riset& Development, Fismur/MIPA jadi ELIT, yg masuk yang pinter-pinter, masuk Fismur/MIPA sulit, di Indonesia yg pinter-pinter masuk Teknik, masuk teknik lebih susah, makanyaTeknik jadi ELIT

    di MIPA UGm juga terapan, ada Elins?
    ya itu keblinger lagi, MIPA kok menyelenggarakan ilmu rekayasa, agar laku, dosen2nya juga S2-S3 di Engineering, biar ilmunya laku jual, bisa cari duit.
    banyak mahasiswa yg kejebak di elins, dikiranya itu teknik karena ada kata Elektronika dikiranya Teknik Elektro karna kurikulumnya memang mirip teknik elektro malah bukan mirip Teknik Fisika.

  14. @christin wooi…Jgn bw2 tekim dong,namanya mipa ato teknik sm aja,tgt sdm juga,walopun fistek kalo oon jg gak laku2,yg jelas ilmu fisika sangat amat berperan dlm dunia teknik,aq aja msk tekim menghindari fisika,lha kok malah isine fisika thok,untung aja dosen tekim pinter2,gw jd bisa memahami fisika dg mudah,ada jg dosen dr mipa fisika yg ngajar sayangnya kasih nilai c/d/e,seingatku cm ada 2 yg dpt b,pdh cuma pelajaran fisika dasar,byk artis2 olimpiade fisika yg tewas,pdh di mipa yg waktu sma seangkatan dg rangking juauh dibawah bs dpt a,gilee bener.Ada waktu i2 dosen kalkulus dr mipa dihajar hbs2an diteknik cz kemampuan pas2an tp sok pinter,akhirnya keluar kebijakan…Dosen mipa go to hell

  15. saya sebagai wakil dari dosen ugm menghimbau agar mahasiswa jangan saling menjatuhkan jurusan atau prodi yang lain. kita kan sama-sama civitas akademika ugm. jadi tolong jangan menjelekkan jurusan dan prodi lain. jangan sampai terjadi keributan hingga menimbulkan tawuran antar mahasiswa hanya karena masalah ini. malu donk sama swasta. emang pernah ada universitas lain yang prodi atau jurusannya saling menjelekkan dan menjatuhkan satu sama lain?so jangan sampai terjadi ya, ok. terima kasih

  16. lah,,, koq jadi ngejelek- jelekin program studi lainnya???
    toh tiap program studi punya kelebihan masing-masing,,,
    pembicaraan kyak gini nih yang bisa memicu pertengkaran antar prodi…

    jangan ada istilah kejebak duk,,,
    toh yang milih masuk ke prodi tertentu pasti punya pertimbangan masing-masing n udah ngeliat gimana sih prodi itu sebenernya,,,

    bener gag???
    ” di MIPA UGm juga terapan, ada Elins?
    ya itu keblinger lagi, MIPA kok menyelenggarakan ilmu rekayasa, agar laku, dosen2nya juga S2-S3 di Engineering, biar ilmunya laku jual, bisa cari duit. ”

    setahuku ya,,, dosen elins ya dari prodi elins sendiri,, gag pernah ngambil dari dosen engineering…
    hanya,, dosen elins memang mengajar di beberapa prodi lainnya,,,

    dan setahukuuuuuuu ya….
    tehnik itu mendukung kinerja ilmu murni,,,
    tugas orang2 dari tehnik adalah membuat teknologi atau alat-alat yang dibutuhkan oleh para ilmuan dari ilmu murni,,
    jadii,,,, kedua belah pihak ilmu emang diperluin,,,
    begitulah sekiranya,,,

  17. mas laban, aq eji lam knal sbelum na, aq ska banget fisika, mungkin itu modal paling utama mengapa aq memilih fistek di UGM, bisa lebih di jelaskan tentang instrumentasi fisika ngak mas? maksi mas.

  18. Sangat menarik memperbincangkan tentang Teknik Fisika di berbagai blog antara lain blog priandoyo, mas okto dll. Saya sempat membahas topik ini di Forum SPMB, dan posting Jurusan berprospek 5 tahun kedepan.

    Nama asli Teknik Fisika sebenarnya adalah Fisika Teknik (Engineering Physics bukan Physics Engineering). Jurusan ini dibawa para dosen Belanda yang dulu mengajar di ITB.Diubah menjadi Teknik Fisika karena dulu di ITB ada tuntutan agar semua Teknik menyeragamkan namanya dengan nama Teknik ada didepan. Tapi bagaimanapun, internal Teknik Fisika tetap pada pendirian. anak Teknik Fisika sering disebut FT (di ITB) dan Fistek (di UGM). Keduanya singkatan dari Fisika Teknik.

    Secara kurikulum, Fisika Teknik berperan menjadi jembatan bagi ilmu science (MIPA) dan ilmu Teknik. Teknik-teknik mapan meskipun selalu menyesuaikan diri, namun tetap tidak mampu mengcover setiap perkembangan yang ada. Disini Fisika Teknik bertugas mengcover ilmu-ilmu baru yang tidak mampu ditangani teknik-teknik mapan. Akhirnya di Indonesia mulai muncul keilmuan nanomaterial (FT ITB), Fotonika (Teknik Fisika ITS) dan Energi Terbarukan (Fistek UGM). Di Fisika Teknik, dalam 4 semester pertama akan dipelajari semua bidang teknik dan dasar matematika serta fisika yang sangat kuat. Dari Arsitek, Elektro, Komputer, Mesin, Kimia, kecuali Geologi. Apakah ini membuat mhs Fisika Teknik kurang expert?? Tentu saja tidak. Dengan mempelajari semuanya, mahasiswa dituntun untuk melihat potensi dan minat sebenarnya. Kemudian, baru ia memilih mana yang akan ia tekuni dalam 4 semester terakhir. Ada beberapa peminatan dalam dunia Teknik Fisika (saya mengambil dari perspektif UGM tapi secara umum sama)

    1. Instrumentasi dan Kontrol
    Ilmu ini adalah trademark Fisika Teknik di dunia industri. Kita akan belajar tentang mechanical dan electrical system sekaligus. Tugas utama seorang instrument/control engineer adalah mengontrol sistem proses industri. Contoh, Suatu industri kertas akan membuat kertas dengan tipis tertentu. ketipisan suatu kertas perlu dikendalikan untuk bisa didapatkan kertas dengan tipis yang diharapkan. Contoh lain adalah pengendalian robot-robot dalam dunia industri. Sub keahlian di bidang ini salah satunya adalah Komputasi. Komputasi disini lebih spesifik seperti aplikasi komputer pada Jaringan Syaraf tiruan, kecerdasan buatan, pengolahan citra digital, Interfacing (antar muka) instrumentasi. Programmable Logic Controller (PLC), pengelolaan data elektronik, sistem informasi manajemen dll. Fisika Teknik UGM memiliki ciri pada bidang telecontrolling atau pengendalian jarak jauh dan instrumentasi kedokteran. Di ITB lebih kuat instrumentasi industri. Elektronika juga menjadi salah satu sub keahlian bidang ini.

    2. Rekayasa dan Manajemen Energi (Terbarukan)
    Bidang ini akan mempelajari semua jenis energi alternatif baik terbarukan maupun tidak. Mulai dari energi matahari, angin, air, laut/gelombang, batubara, hidrogen power, fuel cell, biomassa sampai bioethanol. Mahasiswa dalam mengerjakan skripsi/tugas akhir biasanya langsung mendesain sistem energi terbarukan di suatu daerah berdasar pesanan.

    3. Fisika BAngunan dan Akustika
    Bidang ini mempelajari tentang kenyamanan termal dan akustik suatu bangunan. Bidang ini akan banyak bekerja sama dengan Arsitektur dalam bidang kerjanya. Di UGM, pembelajaran bidang ini dilakukan langsung ke masyarakat. Dimana mahasiswa diterjunkan langsung untuk menjadi konsultan/perancang sistem bangunan yang nyaman, hemat energi, tidak bising, tidak pengap dll. Perlu diketahui, untuk suatu interior ruang pertemuan, peletakan mic/speaker perlu diperhitungkan matang-matang dengan perhitungan matematika yang rumit tapi menyenangkan. Jika kamu masuk ke suatu gedung yang dari luar cantik tapi di dalam terasa bising, berarti arsiteknya tidak bekerja sama dengan ahli Akustika Fisika Teknik.

    4.Laser dan serat optik
    Seperti yang kita tahu, bidang ini banyak digunakan. Terlebih serat optik di bidang telekomunikasi. Dipelajari juga aplikasinya untuk komunikasi data, sistem wireless (nirkabel), laser untuk kedokteran dll. Bidang ini amat menarik karena memanfaatkan teknologi tinggi. Kedepan bidang ini akan sangat maju karena berbagai keuntungannya dalam pengiriman data/informasi. pengembangan mulai menyentuh pemanfaatan cahaya sebagai pembawa informasi (bayangkan jika cahaya bisa membawa informasi. Semuanya jadi serba cepat!!).

    Prospek Kerja Teknik Fisika :
    Dari uraian diatas Fisika Teknik jelas bisa memasuki semua area bidang kerja. Dengan keilmuan dasar yang sangat kuat, alumni Fisika Teknik sangat mudah mengembangkan diri termasuk menyeberang bidang keilmuan. Banyak teknik mapan yang kurang memperhatikan dasar. Pada akhirnya ketika teknologi semakin maju ia tidak mampu mengembangkan diri karena secara dasar kurang. Sebagai jembatan MIPA dan Teknik, dasar Fisika dan Matematika di Fisika Teknik sangat kuat, mungkin cuma kalah sedikit dari mahasiswa Matematika dan Fisika. Dalam beberapa perlombaan olimpiade teknologi Fisika, justru yang menjadi juara bukan mhs Fisika tapi dari Fisika Teknik.

    Lingkup kerja / Prospek Kerja Fisika Teknik meliputi : Telekomunikasi, Industri proses, petrokimia, minyak dan gas, energi, industri elektronika, teknologi informatika, kedokteran, pengendalian satelit dan peluru kendali, NASA, kontraktor bangunan, departemen energi, departemen pekerjaan umum, BATAN, departemen komunikasi dan informasi, kontraktor migas dan telekomunikasi, EPC, Konsultan umum dan migas, dosen di semua bidang teknik dll

  19. Harus diakui, idealisme menjadi pertimbangan paling penting dalam pemilihan jurusan.
    Hanya saja, tidak salah rasanya jika kita memilih jurusan berdasarkan prospek ke depannya
    Disini saya ingin coba mengungkapkan sedikit dari hasil ‘investigasi’ saya terhadap perkembangan industri dan efeknya untuk prospek jurusan.

    1. Sampai saat ini bidang perminyakan masih akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan.Pembukaan lapangan baru di Cepu dan Ujung pangkah serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi). Jangan lupa, jurusan2 itu masih sangat sedikit. Sementara kebutuhan banyak. Mau anda lulusan Minyak ITB, Trisakti atau UPN ‘V’ Yogya, anda akan tetap dibutuhkan. Jangan takut tidak dapat kerjaan. Untuk Geologi dan Geofisika peluang lebih besar lagi. Geologis Indonesia saat ini sedang diburu untuk mengisi kekosongan di Timur Tengah.Mengapa?? Sejak isu teroris muncul, ekspatriat dari Barat tidak berani lagi kerja di TimTeng. Alhasil mereka kekurangan Drilling engineer. Nah, berhubung track record geologis Indonesia cukup hebat, mereka mengalihkan pandangan ke indonesia. Permintaan sangat besar. Gaji?? jangan tanya, kerja 15 tahun mungkin sudah cukup untuk membiayai pensiun anda.
    Pembukaan lapangan batubara juga membuat peluang lulusan pertambangan ckup besar. Hanya saja, lulusan tambang cukup besar sekitr 2000 setiap tahun. Anda harus masuk 4 tambang pilihan yaitu Teknik Tambang ITB, Unsri, Trisakti, dan UPN ‘V’ Yogya untuk sedikit memberi kepastian masa depan. Setahu saya, Tambang ITB 50% sudah dipesan sebelum lulus (data tempo 2007, komentar dari pak rektor itb). Dan ini beneran. Di UPN Yogya, jika anda 5 besar lulusan terbaik di Minyak dan tambang,kerjaan sudah menanti (tapi ya tetep harus berusaha, ini cuma data dari beberapa alumninya upn). Sekali lagi, kebutuhan banyak lulusan sedikit. Cuma, kuliahnya berat banget. Di Geologi UGM ospeknya 1 semester lamanya. Tiap sabtu sore disuruh lari muter fakultas berkali-kali. Kuliah lapangan naik gunung dan ke pantai Tertarik??

    2. Proyek pembangunan jalan tol ribuan kilo yang dicanangkan pemerintah membuat bidang konstruksi berprospek cerah. Selain itu pembangunan tentu makin cepat dengan lancarnya transportasi. Catat : Teknik Sipil masih sangat prospektus!! Hanya saja yang perlu diingat, penghasilan di kontraktor tidak terlalu besar. Setara dengan PNS golongan 4A.

    3. Telekomunikasi. Dijamin, bidang Telkom sangat prospek sampai 10 tahun mendatang. Baik untuk Vendor maupun operator. Pertimbangkan baik-baik untuk masuk Teknik Elektro konsentrasi Telekomunikasi. Elektro telekomunikasi terbaik masih dipegang STT Telkom dan ITB. UI, UGM dan ITS juga cukup bagus.

    4. Pemerintah mecanangkan percepatan rasio kelistrikan dengan membangun PLTU yang total berkapasitas sekitar 10000 MW sampai 5 tahun mendatang. jika 1 PLTU berkapasitas 300 MW maka dibutuhkan 30 engineer pembangkitan maka akan ada lowongan untuk sekitar 1000 engineer pembangkitan dari jurusan Teknik Elektro konsentrasi Power, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Gaji besar. Sangat prospek!!

    5. PLTU bukan cuma operasi tapi juga konstruksi. Kerjaan lagi buat Elektro, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Teknik kimia juga terlibat.

    6. Pengembangan Energi Terbarukan butuh banyak insinyur.
    Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) : Teknik Sipil
    PLT Mikrohidro : Teknik Sipil, Teknik Fisika
    PLT Matahari, Angin : Teknk Fisika dan Teknik Mesin
    PLT Biodiesel dan Bioethanol : Teknologi Pertanian, Teknik Kimia
    PLT Panas Bumi : All engineering
    Ingat bidang energi : Gaji besar !!

    7. Teknologi Informasi. Jelas, kita butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. Tenang, lapangan kerjanya tidak akan pernah habis. Terlebih lagi, kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer. Banyak instansi yang mulai peduli membuat web. Rate cukup tinggi, di Jogja rate untuk pembuatan web full sekitar 2,5 juta sampai 3 juta. Ini belum ditambah maintanance. Peluang lebih besar jika anda menguasai Linux, karena sekarang banyak instansi beralih ke Linux. Tips, terus update kemampuan. Yang sangat prospek saat ini dot net developer.

    8. Petrokimia. Teknik Kimia masih terus berjaya. Yang recommended, UGM, ITB, UI, UNDIP, dan ITS.

    9. Teknik Nuklir. Ingat, PLTN segera dibangun.

    10. Bidang kedokteran
    Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab Saudi saja dibutuhkan 2000 perawat Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi. Ini peluang yang bagus. Kebidanan?? Jangan salah, saya justru sangat merekomendasikan jurusan ini. Setahu saya, tidak ada Bidan yang tidak kaya alias lebih dari cukup. prospek jelas bagus.

    11. Jurusan-jurusan desain (Diskomvis, Interior, dll)
    Dijamin prospeknya bagus banget. Teman2 saya yang masih kuliah aja udah pada dapet kerjaan…
    Ingat, terbaik masih di UK Petra Surabaya dan ISI Jogja. Tapi kabarnya ITB mulai menyusul…

    12. Kartografi dan penginderaan jauh
    Jangan meremehkan jurusan ini, diam2 jurusan ini punya prospek sangat bagus

    13. Teknik Industri dan Teknologi Industri Pertanian. Kedua jurusan ini sebenarnya mirip. Kurikulum juga hampir sama. Keduanya masih sangat bagus prospeknya. TApi sekali lagi, mereka bukan bagian exact engineering. Sangat bagus jika kemampuan kmunikasi dan bahasa anda latih sebaik mungkin jika anda masuk jurusan ini. Kemampuan teknis tidak banyak dibutuhkan (maksudnya engineering ability). Beberapa perusahaan yang engineering banget dan tidak jualan produk jarang yang mencari lulusan industrial technology. Kakak saya yang kerja di perusahaan gas & minyak mengatakan kalo semua teknik bisa masuk ke pershaan tersebut kecuali industri dan arsitek.Jadi, kalo mau masuk jurusan ini. Segera latih kemampuan komunikasi. Pas kuliah, kalau mau berkarir di perusahaan, arahkan pandangan ke perusahaan2 consumer goods macam Unilever dll. Jangan yang engineering macam tambang dan konstruksi. Peluang tetap ada tapi tak sebesar di consumer goods, dealer (Astra, sun motor dll). Sense of design juga penting untuk dilatih. Karena selain bagian produksi dan marketing,tata letak pabrik juga sering menjadi bagian kerjaan teknik industri

    Dr semuanya saya justru merekomendasikan jurusan Geologi dan Geofisika. Prospek bagus dan tidak sekedar mendapat kerjaan. Maklum, jurusan ini bukan jurusan yang bisa dipelajari dengan pengalaman. Jadi, anda tidak ada saingan lagi.Maklum, untuk jurusan lain masih bisa dibolak-balik. banyak yang changing career. Insinyur teknik kimia bisa aja menjadi insinyur kontrol yang biasanya ditempati teknik fisika dan elektro begitu juga sebaliknya. Progammer malah lebih luas cakupannya. Design engineering juga bukan hanya bisa dikuasai teknik sipil. Rotary engineering juga bukan hanya bisa didapatkan anak teknik mesin. Jadi hampir semua bidang bisa ditukar2 profesinya. Kecuali Geologi. Hanya orang geologi dan geofisika yang ngerti. Makanya kalo ada seorang geologis mengundurkan diri dari perusahaan, perusahaan akan bingung karena sulit cari pengganti. Hal ini mungkin beda dengan bidang lain.

    Tapi kalo dari sisi banyaknya lowongan, maka saya sangat merekomendasikan teknik mesin dan teknik kimia. selain banyak, jika anda masuk ugm, itb, ui, sepertinya masa depan anda akan terjamin. meskipun untuk mendapatkannya anda harus berjuang sampai berbulan2 bersaing di pasar kerja.

    Selain itu, saya juga merekomendasikan Teknik Fisika. Dari segi lowongan memang tidak terlalu banyak. namun dengan jumlah lulusan yang sedikit, hal itu cukup sebanding kok.

    Mungkin ‘investigasi’ saya kurang valid. Tapi kebanyakan saya dapatkan langsung dari praktisi. Bukan sekedar analisis seorang mahasiswa. Semoga bisa sedikit membantu teman2 dalam memilih jurusan untuk bidang science. Sekali lagi, ini bukan tulisan ilmiah, cuma hasil ngobrol ngalor-ngidul dengan yang sudah berpengalaman. yah, hasilnya saya tuliskan disini. Anda percaya ?? Saya harap bisa membantu. Tidak percaya ?? Jadikan sebagai bahan bacaan aja. okey !!

  20. Emangsih banyak banget mhs yang jago fisika di Teknik Fisika UGM. Kebanyakan juara2 olimpiade Fisika dan Astronomi Nasional. Kalo di Elektro kebanyakan alumni olimpiade Matematika.
    Kalo menurut saya Teknik Fisika sangat dibutuhkan beberapa tahun mendatang. Bukan hanya Instrumentasi dan Kontrol tapi juga Rekayasa Energi Terbarukan. Saat ini, sebuah perusahaan asal Korea akan membuka pabrik besar di Tengerang untuk memproduksi solar panel, solar cell, dan blade serta tower pembangkit tenaga angin. Perusahaan ini bekerjasama langsung dengan jurusdan Teknik Fisika UGM. Pekerjanya (dealam hal ini perencana dan supervisor) baru ada 3 yang semuanya alumni Teknik Fisika UGM. Mau gimana lagi, wong yang belajar energi terbarukan cuma teknik Fisika. Coba bayangin, beberapa perusahaan minyak termasuk yang udah jalan kayak Shell dan Pertamina mulai beralih ke energi terbarukan. Yang bikin enak, kita gak punya saingan padahal dibutuhin banyak tapi lulusandikit. Kakak angkatan saya cerita kalo ada perusahaan minyak di Sumatera Selatan butuh 4 engineer Teknik Fisika tapi yang daftar cuma 1. Otomatis dia lulus tanpa tedeng aling-aling macam PMDK aja.

    Kalo0 dibilang gtak dalem kayaknya enggak juga deh, setelah 4 semester dijejali mata kuliah all round Teknik, kita bakalan milih mau masuk ke dunia yang kita mau. Sebagai contoh Instrumentasi dan Kontrol. Sebelumnya saya mohon maaf, di Teknik Fisika kita gak cuma belajar instrumentasi elektris tapi juga instrumentasi mekanis. Alumni Teknik Fisika UGM yang dah jadi kepala bagian di CNOOC cerita kalo perusahaan2 minyak mulai mengutamakan engineer control buat lulusan Teknik Fisika. Di CNOOC semua engineer control adalah alumni Teknik Fisika sedangkan alumni elektro ada di bagian Power. Kenapa?? Karena Control sangat berhubungan dengan Process dan elektro tidak belajar Process apalagi Kontrol Proses. Itulah keunggulan Teknik Fisika di bidang Control.

    Yang jadi Programmer juga banyak banget. Yang kerja di Telco juga banyak. Tapi jelas gak sebanyak elektro. Bandingin aja mhsnya. Setiap tahun inpun mhs Teknik Fisika paling cuma 500 atau mungkin gak nyampe. Tapi elektro di Indonesia bisa sampai 10.000. Prosentase dapat kerjanya?? teknik Fisika hampir 100 persen. Sisanya yangf gak dapet kerja ya paling nerusin warisan ortu atau direbutin universitas swasta buat jadi dosen hehe
    Kok bisa segede itu prosentasenya?? Yah, mau gimana lagi, kita banyak dibutuhin tapi lulusan dikit itu masalahnya….

  21. lok suka fisika mending ke fisika murni ja..
    soalnya beda fisika murni sama yang teknik
    bedanya lok fisika murni 2 ya memperdalam j pa yang qta pelajari di sma jadi lebih ahli rumus
    klo yg teknik,,,lebih keaplikasi rumusnya,
    jadi ada rumus apa qta calon teknisinya yang buat alatnya getoh…
    mangkanya q rada sebel klo dkira fisika murni
    bukannya q skeptis ma fis murni
    pi loh mang bukan i2 jurusan q

    keunggulan tekfis????
    loe mw kerja dimana ma bagian apa bisa…
    dan yang dipelajari d tekfis 2 mencakup mesin, elektro, kimia (dikit), industri, termodinamika (ini yang penting), bahasa (hehehe),,,

    lok dsini nmaX yak avatar getoh,,,

    yang jlaz mang kontribusi ortu pling besar
    pi masa depan loe ya punya loe!!!!

  22. Saya salah seorang alumni TF-ITB sekarang bekerja sebagai Instrumentation, Control & Automation Engineer di salah satu PSC oil & gas di Indonesia.

    Dulu pada saat jamannya UMPTN pilihan pertama saya Teknik Elektro ITB, pilihan kedua Teknik Fisika ITB.
    TAPIIIII, saya bersukur dan berterima kasih diterima di pilihan yang kedua karena di TF saya menemukan disiplin ilmu yang sangat luas, ada ilmu listrik, ilmu statistik, ilmu proses, ilmu termodinamika, ilmu HVAC, ilmu heat & mass transfer, ilmu intrumentasi, ilmu kontrol, ilmu akustik, ilmu optik fiber, ilmu material, ilmu energi surya, ilmu nano
    Nah loooo kan hampir semua elmu2 itu dipake didunia kerja.
    Jadi kebayangkan kalo anda menguasai 50%nya saja, memasuki dunia kerja rasanya gampang kan………

    Siapa bilang TF itu nanggung?????
    Orang2 yang bilang TF itu nanggung pasti bukan orang TF.
    Ya wajarlah kalo mereka komentar seperti itu karena mereka belum mendapatkan pencerahan apa itu TF.

    SATU LAGI yg tak kalah penting,
    Sarjana TF di indonesia itu langka, sedangkan kebutuhan akan intrument & control engineer selalu ada.

    Coba bedakan dengan jurusan2 lain, elektro misalnya, sudah berapa ribu sarjana elektro di indonesia ini? belum lagi dari universitas swastanya……..bandingkan dengan lapangan kerja yg ada.

    Jadi, gak salah milih TF…..

  23. Diangkat dari milist tetangga (TF-ITB)
    Ini cerita nyata:
    ada seorang insinyur proses muda, dengan gayanya masuk pabrik. You know man, I am the king here. nobody can change the process plant integrity without get permission from me……
    Dia berjalan melintas pabrik. Biasa, cek-cek dong. Selintas di kejauhan dia melihat kerumunan beberapa orang di dekat fuel gas facility. Apa yang mereka lakukan di sana ……..Kenapa pipa distribusi untuk bahan bakar kompresor dan turbin gue diutak-atik.
    Nyampe di sana , gue liat ada seorang yang potongan badannya kecil,kurus, dan berkacamata, sedang mengotak-atik katup kendali fuel gas line.
    Well, gue tanya aja
    Insinyur muda (IM): Maaf pak, kok diutak-atik, kenapa sih
    Dia: Emangnya kenapa, emangnya elu bisa!
    IM: (dalam hati, siaaalan, siapa dia ini)
    Dia: kenapa bengong, elu kaga liat itu bocor (sambil menunjuk ke katup kendali kedua)
    IM: (gue jawab dengan mantap) oh, karena dinginnya makanya bapak bilang control valvenya bocor
    Dia: kalo di pabrik gini iya, tapi kalo di PT badak sana, ada juga yang panas kalo bocor
    IM: (wah, orang ini ngerti juga kayaknya konsep isentalphi di valve, apa dia orang TK yach, gue iseng ach…)
    IM: Pak, kenapa kalo bocor ada yang panas tapi ada yang dingin.
    Orang itu lalu memandang gue dengan rasa heran….
    Dia: Wah dik, itu kan simple, pake aja prinsip joule thompson. Kan itu tergantung koefisiennya. Jadi kalau ada pressure drop, gas itu bisa dingin bisa pula panas, bisa juga tetap temperaturnya. Kalo tidak percaya pergi ke PT Badak sana ….sambil rada senyum meremehkan
    IM: (sialan bener orang ini……)
    Dia: (tiba-tiba ngomong) Adik lulusan TK yach, ITB?
    IM: betul Pak, saya dari TK ITB (bangga dong dia menyebut nama almamater saya).
    Dia : Ooo, pantesan (kembali sambil senyum meremehkan.. .)
    IM: (wah..wah… , saya jadi curiga…jangan- jangan)
    Dia: eh, elu tahu engga berapa suhu valve yang bocor tadi
    IM: mana saya tahu pak…
    Dia: dasar goblok….., pasti sekitar 70 F, kalo kaga percaya nih saya kasih termometer, ukur sendiri sana
    IM: (kurang ajar dia, awas yach..) Lalu gue ukur aja…..Astaga bener man, suhunya kira2 72 F. Pak, koq tahu tanpa harus ngitung sih.?????
    Dia: heh, di sini ada rule of thumb you know, setiap drop 15 psi, suhu turun 1 F.
    IM : (langsung gue keluarin senjata, calculator) dari absorber suhu 110 F dan tekanan 800. Lalu tekanan di drop ke 200. berarti suhu keluaran valve = 110F – (800-200)/15 = 70 F (astaga….. )
    Belum sempat selesai pembicaraan kita, segerombolan orang2 produksi datang…

    Produksi (P): Pak, kita sudah siap Pak, apa yang harus kami lakukan…
    Dia: OK, kirim 1 orangmu di power plant, awasi tekanan gas yang masuk ke sana , bilang segera kalau tekanannya osilasi..
    IM: Ada kerjan apa sih..
    Dia: Ini, kita mau menswitch semua fuel gas dari main header ke back-up sistem
    IM: sesimpel itukan….
    Dia: kalau iya, kenapa gue di sini, ini berhubungan dengan proses transient tau (dia rada kesal..)
    Dia: Oh ya Pak, gue minta orang di kontrol room mengawasi tekanan fuel gas semua kompressor
    P: ok pak, sambil terbungkuk-bungkuk. …
    IM: (kurang ajar, dia bisa memerintah anak buah saya seenak udelnya….)
    IM: Pak, kenapa begitu (?)
    Dia: udah, jangan banyak tanya, liat nih gue ngapain… lalu tangannya digerak-gerakan mengatur sesuatu di control valve.
    Dia: (bergumam), wah tumben kali ini rada bandel prosesnya… lalu dia ngomong di radio ke orang produksi…Rek, lagi banyak buka sumur HP yach (HP = high pressure)
    P (di radio): betul Pak…
    Dia : Pantas, gue set segini aja yach
    IM: kenapa diubah set yang dulu pak…
    Dia: eeehhh, kan proses gainnya berubah, yach setting nya ku ubah dong, kamu emang engga belajar kontrol waktu kuliah dulu….masa Pak Saswinadi engga ngajarin
    IM: loh kog bapak tau Pak Sas
    Dia: iya dong, kan dia suka diundang ke FT untuk seminar2 ttg kontrol..
    IM: wah, orang ini lulusan TF toh….walah, muka gue rasanya gue pengen taruh di belakang kepala ketika dia bilang saya tidak mengerti kontrol..

    (karena dia udah terbuka kedoknya, si insinyur muda (IM) diganti dengan TK dan bapak tua ini diganti dengan TF)
    TF: elu pikir gue harus ngitung loop gain sama phase change-nya, yang kaya beginian pake , apa itu kriteria Routh Hurwistcxz.. . atau pakai bode segala, apalagi Nyquist atau enkuis plot…..kuno bego….itu tidak nyata….malah jangan2 udah shutdown duluan , kamu baru selesai ngitung. Iya kalo ngitungnya bener..
    TK: (kurang ajar dia…) emangnya bapak engga ngitung sebelum tuning…
    TF: egga ngitung bukan berarti engga mikir goblok, gue berani taruhan, elu kaga tahu penerapan control mode P, PI, PID. Gaji gua bulan ini,
    setengahnya buat elu kalo elu tahu, karena yang setengahya lagi buat bini gue ha..ha..ha.. . (dia tertawa ngakak)
    TK: (kurang ajar sekali dia….)
    TF: selesai udah, yuk kita ke kantor gue…
    TK:(meski gondok setengah mati, gue ikutin dia karena penasaran)
    Kantornya itu sempit, ada plang besar bertuliskan: Instrument Maintenance section, oh..oh…dia itu superintendentnya toh…
    TF: masuk dik, nih rokok….dia terus ngebul. di ruang kerjanya bergeletakan spare part dan kotak kecil ada penunjuk tekanannya
    TK: apa ini pak
    TF: itu controller, yach di sanalah kamu merancang mau P, PI atau PID
    TK: tapi di sini tidak ada elemen D pak
    TF: yach, karena itu buat flow
    TK: kenapa pak
    TF: astaga….kamu emang engga diajarin apa artinya elemen differential di situ. Coba kamu keliling ke seluruh plant kita, engga ada pengendali flow pake Differensial tahu. Masa yang praktis gitu kaga tahu. Gue heran, kok perusahaan kita nerima orang kayak kamu…..
    TK:(kurang ajar banget dia……)
    tiba2 telpon berdering dan dia berbicara dengan orang. Sambil merokok orang TK itu memperhatikan sekeliling kamar bapak tua tadi, astaga men, di pojok lemarinya yang lusuh itu, banyak majalah yang engga asing bagi si orang TK ini, Chemical engineering. …….
    TF: eh anak TK, kita dipanggil Gas Plant control room untuk urusan pipa ke bontang..
    TK: (oh, rupanya dia sudah selesai di telpon) Pipa?, kenapa pak..
    TF: elu belajar mekanika fluida kan
    TK: iya dong pak, apalagi gas, gue kan alumni teknologi gas…
    TF: ok, kita lihat seberapa dalam ilmu TK-mu itu…

    Di lapangan, orang produksi meminta bantuan untuk menutup valve yang macet. Valve itu adalah bagian dari 4 valve utama yang terdapat di 4 pipa utama, yang menyalurkan gas dari pabrik kami dan pabrik2 tetangga ke bontang.

    TF: ok sudah selesai
    TK: kenapa ditutup pak
    TF: karena kita akan menurunkan flow ke bontang
    TK: kan kalo saya alirkan gas dengan empat pipa, kompresor kita tidak akan kerja berat karena pressure dropnya turun
    TF: siapa bilang, malah naik tahu..
    TK: mana bisa, pressure drop itu setara dengan laju alir massa , wong massanya berkurang , eh pressure dropnya malah naik, instrumennya kali yang rusak…. Si insinyur TK in yakin betul karena pasti si bapak TF ini tidak mengerti ilmu mekanika fluida

    TF: emangnya kamu pikir si bernoulli, panhandle, beggs & brill itu pinter, buktinya teori mereka gagal di sini
    TK: (what, doi tahu jago2nya mekanika fluida men) Ok pak, tell me why the pressure drop increase with decreasing the flow
    TF: ha..ha..ha.. .emangnya kamu engga pernah diajarin sama dosenmu tentang kesetimbangan fasa…ini nih contohnya, korek gas saya…..
    TK: (astaga doi kenapa bisa tau yach), lalu apa hubungannya
    TF : loh,loh, harusnya anak TF yang nanya anak TK bukan sebaliknya. Gini dik, sepanjang perjalanan dari sini ke bontang, gas kita akan kondensasi. Nah, kondensat itu kan cenderung di bawah pipa, apalagi yang konturnya turun naik, dia akan bersemayam di situ. Makin rendah tekanan justru semakin memperparah kondensasinya, jadinya pressure drop malah naik akibat liquid head tadi. Untuk itu dik, kita switch pipa, dari 4 ke 3 pipa. Gue kira elu tahu, ini kan cuma prinsip sederhana penerapan mekanika fluida dan kesetimbangan fasa….Masa sih elu kaga tau…engga mutu looh…Kalo elu banyak kaga tau, kasih aja kerjaan proses engineer itu ke gue…….
    TK: (kembali muka gue rasanya ditampar dia, astaga…..tapi dia emang betul man…..)
    TF: udah dulu yach, sudah suling tuh, kita harus makan biar kuat kerja, jangan cuma kaya mandor, makan kuat kerja kendor
    TK: ha..ha… (tapi tertawa gue rada miris, gue tengsin bener man)
    TF: jangan lupa dik, nanti kita rapat dengan TOTAL
    TK: Ok pak

    Ruangan rapat itu sudah penuh. Di sisi sini kebanyakan orang melayu, dan di sebelah sana orang bule, …….perancis man. Dengan bahas inggrisnya yang seperti orang kena flu, si mekanikal engineer bule itu menceritakan kenapa PSV-nya sering ngepop.Dia mulai dengan teori2 mekanikal yang ruwet.
    Si Bapak TF tadi, yang masuknya aja telat tiba-tiba berkata:
    TF: You are totally wrong
    Bule: what? Do you have any idea about it
    TF: it is simple, because you do not understand about unsteady state mass balance
    Bule: ?????? (mukanya bingung dan merah kaya kepiting rebus setengah matang)
    Bule satu lagi, yang keliatannya adalah bossnya berkata dengan bijak:
    Boss Bule: Ok sir, would you please explain to me what is really going on here. I’d got frustrate since our PSV were popping frequently.
    TF: Because you install the SDV at the upstream those PSV in auto open mode. Si bapak ini berhenti sebentar untuk batuk-batuk kecil. I am sorry…, You know, your SDV using pressure switch high (PSH) to trigger closing. But, because the rotation of your valve is too slow to close, the pressure already rise up to PSV setting so your gas release to vent stack……
    Boss Bule: Oh, I understand.. ….(sok ngerti keliatannya)
    TF: not yet, let me finished my explanation. Once your PSV popping, pressure of the pipe segment between PSV and SDV will suddenly decrease. At that time, the SDV which is in travelling time to close, will go back again to open because he feel no high pressure anymore so the SDV and PSV will be in oscillation (open and close). Imagine this happen
    repetitively, so your PSVs damaged.
    Boss Bule: Oh great, Ok I will as my process engineer to calculate the proper setting of PSH and give it to you for review
    TF: Why you should give to me, I am not a process engineer (sambil melirik mengejek si TK, sialan…)
    Boss Bule itu terkesima: So you are not a process engineer. OK anyway gentlemen, we close this very fast meeting, thank you. Dan meeting pun bubar….

    Si TK itu merenung, sambil mengira-kira. Apa iya yach karena selalu berasumsi steady state, semua di pabrik jadi keliatan mudah……. .tiba-tiba
    TF: eh jangan bengong, tenang dik, nanti ta’ didik kamu belajar proses transient, dan bukannya steady-state atau istilahnya apa itu dulu kamu pernah sebut2, tunak he..he… Kalau ikan tuna sih saya suka …
    TK: (gue udah cape ngomong sialan, jadi lebih baik diem aja)
    TF: daripada bengong, mendingan ke shop gue..

    Di-shopnya, ketika si TK dan si Bapak TF ini lagi asik2 ngobrol,datanglah teknisi (T) seraya tergopoh gopoh.
    T: Pak proteksi katodik di sana harus segera di pasang. Kami sudah merangkainya seperti ini apa betul
    TF: sebentar, tak cek dulu modelnya, elu pake impress current atau sacrifice anode ?
    TK:(astaga, gue kira cuma anak TK yang tahu model2 gituan..)
    T:kayaknya model impress current
    TF: Ok tak cek dulu diagramnya.. ..
    TK: diagram apa itu pak
    TF: he..he.., elu pasti heran gue bisa baca diagram ini
    TK: (astaga , diagram pourboix man) si doi tau…..walah walah…..
    TF: OK mas, segini saya kira cukup
    T: terima kasih pak…..

    Dan teknisi itupun ngeloyor pergi……. ……..

    Si TK itu kembali berpikir. Kalau dulu waktu Os senior2 gue pernah ngomong bahwa TK itu seperti bulan yang bisa mengelilingi matahari, kayaknya orang TF itu persis pesawat ulang alik, ya bisa ngelilingi bumi, bulan, dan
    yang pasti bisa bolak-balik ke bumi. Sedangkan bulan mana bisa…….. Yang bulan lihat cuma permukaan bumi aja….

    Hari-hari berikutnya si insinyur TK ini karena kesibukan kerjanya, jadi jarang ketemu dengan si orang tua “aneh” alumni TF itu. Sampai suatu saat si Pak Tua TF itu nelpon.
    TF: dik TK, mau ikut rapat penting engga…
    TK: apa itu Pak…
    TF: kita mau test ESD system kita
    TK: apaan tuh….(wah ini kesempatan gue ngorek2 yang aneh dari doi nihhh, hi..hi…)
    TF: hhhhhh, dia mendesah napas panjang, pokoke elu mau ikut kaga. Nanti abis itu elu baru gue tatar apa itu arti ESD…
    TK: OK deh (sialan, apaan lagi nih…)
    Gedung itu besar, mirip meja bundar. Terlihat para superintendent pabrik minyak dan pabrik gas duduk dengan angkernya. Disisi lainnya ada gas coordinator, itu tu, yang ngatur koordinasi pasokan gas ke bontang. Dan lagi-lagi Pak TF itu yang ngomong….
    TF: bapak bapak sekalian, program ini akan memastikan pabrik kita itu sampai di mana tingkat keamanannya, dan bla..bla.bla. .Untuk itu adalah sangat penting untuk memverifikasi Emergency Shutdown System kita guna menyakinkan sampai berapa tingkat kehandalannya, sehingga kita akan dapat gambaran, tindakan apa yang harus dilakukan, dan bla..bla…
    Si TF ini cerita lancar, termasuk ketika ditanya kemungkinan yang terjadi kalau ada instrumentasi yang gagal bekerja dan menimbulkan overpressure. .
    TF: Well…, tenang bapak2, kita masih punya proteksi pabrik selain ESD, yaitu PSV and bla..bla…. Lalu gas coordinator menjelaskan waktu yang tepat untuk melakukan itu dan seterusnya, sampai pengaturan orang2, dst..dst…
    TK: (oh, ESD itu Emergency Shutdown System toh, apaan lagi tuh, perasaan engga pernah denger sebelumnya) Si insinyur TK itu hanya diam saja sepanjang rapat. Sampai rapat berakhir, dia hanya dianggap angin lalu….kasihan
    Si insinyur TK itu membuntuti Pak TF: Pak…
    TF: Apa dik (sambil dia senyum-senyum)
    TK: (memang empet gue liat mukanya, tapi gimana donk, gue butuh dia men…) Apa sih sebenarnya ESD itu..
    TF: elu kaga tau lagi yach, pantes aja tadi di rapat elu cuma diem kaya arca ha..ha..ha.. Ok ikut gue ke shop…

    Di shop……
    TF: Gini young man, sebelum elu nanya hal-hal yang usang, gue tanya sekarang, emang waktu ngebuat pabrik, setelah elu ngelakuin FEED, elu buat apa
    TK: (astaga naga, dia anggap yang pengen gue tanya ini udah usang baginya, eh dia tahu FEED juga men..) Ya buat PFD dong
    TF: pake hysim-mu yang tunak itu, gitu…
    TK: betul pak..
    TF: abis itu…
    TK: ………… ……… …(apaan yach, gue koq kaga tau) engga tau pak
    TF: ha..ha..ha.. ..Elu itu ngaku2 insinyur proses, abis buat PFD kaga tau
    harus apa ha..ha….Elu pikir pabrik kita itu cuma diatas kertas lalu langsung jadi….kalau gitu sih mendingan elu belajar sama orang yang buat Candi Prambanan… ..masa dulu engga diajarin…
    TK: (Kurang ajar dia…) wah, jangan bawa-bawa masa lalu segala dong
    TF: emangnya kenapa…denger2 elu kan ngerancang pabrik kimia sebelon lulus, terus udah lulus gini kok bego ha..ha..ha..
    Si Insinyur TK cuma diam aja. Dia keliatannya udah kebal dengan perangai si tua aneh TF ini. Suasana diam sesasat, lalu si pak tua TF itu ngeluarin selembar kertas dan mulai corat-coret sambil mulutnya ngebulin asap rokok dan nyerocos dengan fasihnya. Tapi intinya adalah dia menjelaskan safety hierarcy pabrik kaya gini
    Typical Layers of Protection in Modern Chemical Plants
    1. Process design
    Inherently Safe Process
    Inherently Safe Equipment
    2. Basic Process Controls & Process Alarm and Operator Supervision
    3. Critical Alarms, Operator Supervision, & Manual Intervention
    4. Automatic Safety Instrumented System
    5. Physical Protection ( Relief Devises, PSVs )
    6. Physical Protection ( Containment Dikes )
    7. Plant Emergency Response
    8. Community Emergency Response.
    TK: Pak, pasti bapak punya bukunya, copy donk
    TF: enak aja lu, beli dong, masa gue aja punya eh elu yang ngaku2 rajanya pabrik kaga punya?
    TK: Ok deh Pak, wong sama temen aja
    TF: OK, nih ta’ pinjemin, tapi jangan kaget ngeliatnya.. .
    TF: Dia ngeluarin buku itu sambil jari keriputnya menuding sampul seraya ngomong “What the hell is this?”
    TK: Astaga naga, ada lambang AIChE dengan manisnya tertera di sana ….Kenapa gue kaga pernah liat ini dulu di kampus yach (bertanya sendiri)
    TF: Dik, wong gue aja heran elu sampe kaga tau dapur sendiri, …..yang gini2 sudah di jual bebas bak kacang goreng di luar sana . Dosenmu itu punya,
    pasti punya, mereka itu kan ikut anggota AIChE seperti saya ikut anggota ISA, mungkin disimpen kali biar jadi juara kelas ha..ha..ha.. .
    Si TK itu tertunduk lesu sambil memegang 2 buku utama yang berlambang institusi teknik kimia yang kesohor itu….
    Cerita selesai frend……
    ………… Si TK itu ya saya sendiri….gents
    dan si aneh itu kemudian dipercaya manajemen jadi Lead Engineer. Suatu jabatan profesional yang biasanya cuma bisa diduduki oleh orang-orang teknik kimia. Ternyata…. di balik kata-kata “bego”-nya yang bertubi-tubi, dia bermaksud membuat saya bangkit untuk maju. ….Ingat dik, jaman sudah berubah …..be prepare, mau globalisasi loo…

    Sebenarnya, masih banyak hal-hal lain yang kalau diceritakan akan membuat saya malu sendiri. Biarlah saya simpan sebagai kenangan saja…. Buat bapak2 dosen dan ibu2 dosen,saya mengucapkan terima kasih atas bekal-bekal yang telah diberikan sehingga saya bisa mengikuti celotehan si tua TF yang aneh tadi, meski harus jungkir balik. Keliatannya eksistensi kita mendapat ancaman yang serius, dari sebuah jurusan yang dulu letaknya di pojok, yang
    himpunannya pake gambar tengkorak lagi…

    Kalau saya boleh saran, sebaiknya adik2 kita diberi bekal yang lebih banyak lagi, tapi yang membumi…Kalau buat saya mungkin sudah terlambat…
    Oh ya, satu lagi, saya tak berani untuk menyampaikan salamnya ke Pak Arifin Wardiman jika saya berkunjung ke ITB, abis…nanti saya takut tidak bisa menjawab jika dia bertanya macam2…… .

  24. Teknik Fisika memang cuma dikit di Indonesia padahal di negara lain tuh jadi frontier engineering (‘rajanya teknik’) wong di sini kami belajar semuanya (makanya lambang himpunan kami tengkorak <–membuka jati diri deh, hehehe) Maksudnya lambang aneh itu (selain anak ft doang yang ngerti asal-mulanya) di ft kami 'menjarah' ilmu-ilmu bidang lain. Contohnya dari statika sipil, fisbang arsi, biomedic fk dan elektro, plc elektro, robotikanya mechatronic (walo blum ada matkulnya), proses tk, ica, automasi mesin, nanomaterial (arrgh, kuantum!), optik, ultrasonik, dan juga butuh ilmu-ilmu informatika… dulu nuklir pernah masuk (sekarang ada di mipa). Saya sendiri sampai sekarang bingung belajar apa… soalnya masih remang-remang. Tapi saya tau pasti sangat kepake.^^

  25. Wah makasih lho mas udah mau sharing sampe nulis lengkap begini. Saya share juga ke temen2 saya yg sama2 alumni Fistek. Bagus nih buat masukan..

  26. saya cuma ingin mendeskripsikan tentang teknik fisika…teknik fisika adalah bidang keilmuan yang mempelajari aplikasi hukum2 fisika dalam industri,,jadi qta langsung mengaplikasikan rumus2 itu,,,trus yang dipelajari luas banget,,antar universitas bisa beda tapi dikit2,,,kalo di itb mereka kuat d instrumentasi,kalo ugm di energi terbarukan,kalo its di laser dan serat optik

  27. jadi bidang kerjanyapun juga luas karena qta diberi bekal d banyak hal…tapi bukannya kurang fokus ,ntar di 4 semester terakhir qta bisa memilih bidang yang sekiranya cocok dengan kita,,,,kalo di ugm kita bisa memilih antara instrumentasi atau energi,,kalo di 4 semester awal qta emang diberi dasar matematika dan fisika yang kuat,baru setelah itu qta bisa memilih bidang minat,,,

  28. jadi kalo mau memilih fisika teknik sebagai pilihan kalian itu merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan,,,lagian peminat teknik fisika juga ga terlalu banyak tapi sangat berprospek,,,mungkin perbandinan masuk teknik fisika cuma 1:8

  29. kami tidak merendahkan fismur ma fistek,,,,kami cuma ingin menjelaskan perbedaan antara fisika teknik dan fisika murni…gtu lho…supaya masyarakat tahu apa itu fisika teknik,dan perbedaannya dengan fisika murni

  30. semoga ilmu yang kudapatkan di teknik fisika ini bisa bermanfaat bagiku dan kemajuan bangsaku

    DEMI KEMAJUAN BANGSAKU INDONESIA

  31. wakaka,,,iya mas ,,,makin betah nih kuliah di teknik fisika,,pengen segera mempelajari mater tentang kendali,energi,instrument dll

  32. bener2 luas ya lapangan kerja buat fisika teknik..tapi kalo peluang ke perminyakan gmn ya?enaknya pilih energi ato insttrumentasi ya?jadi makin semangat kuliah di TF,,,HOHO

  33. iya pak,,kami cuman ingin mendeskripsikan prodi teknik fisika,,,dan menjelaskan perbedaan antara teknik fisika dan fisika,,,karena banyak masyarakat yang belum tahu perbedaannya,,,

  34. sekarang saya bekerja di oil n gas company,sy lulusan teknik fisika ugm,,gak rugi kuliah 5 taun d teknik fisika ugm,ilmunya bner2 kepake pas aq kerja..ilmu tentang proses,kontrol,instrument,energi dll pasti kepake..
    teknik fisika merupakan pilihan yang baik untuk kuliah,,

  35. emang sih,,dimana mana lowongan kebanyakan teknik,,,bangsa ini memang lebih membutuhkan praktisi,,langsung k aplikasi,,sedangkan ilmuwan sendiri kurang dihargai..(kenyataan bukan pendapat)

  36. sekarang sy sedang mendalami teknik pengukuran,,kata dosen sy sih,teknik fisika itu belajar ttg sensor,,jaman sekarang,banyak sensor yang belum diciptakan..makanya prospek teknik fisika sangat cerah karena sensor2 itu jg dibutuhkan industri untuk meningkatkan produktivitas,,

  37. Saya setuju dengan pendapat rekan-rekan lainnya, ”Makanya Negara kita tercinta ini ngak akan pernah bisa maju sampai sekarang, Toh kerjanya hanya bisa menggunakan dan memperbaiki produk luar saja (praktisi)”, itupun kalau ada source-nya. Kerja dengan peralatan yang sudah di rancang orang lain (PLC , DCS, Scada atau apapun Tools-tools Instrumen Lainnya), kalau masyarakatnya hanya ingin jadi pekerja/tukang di Negara orang lain, bukan sebagai pemilik tapi sebagai pekerja kapan mau maju, “jangan demikian. Saya ingat perkataan orang2 tua dulu. “ Nak, Kalu kamu besar nanti kerja di Cepu ya, di Balongan Ya, atau di perusahaan minyak yang gajinya besar, atau jadi dokter, jadi Insiyur ya. Ada baiknya kita simak filosofi China; “ Nak kalau kamu besar kamu punya Rumah Sakit ya, punya perusahaan minyak ya, punya perusahaan mobil ya”, Jadi tolong ubah dari sekarang orientasi anda …Oke sobat. Saya ingin jelaskan pada kawan2, salah satu faktor utama kenapa Negara kita belum bisa maju hingga saat ini ialah karena ilmu murninya ngak cukup memadai dikembangkan, Kebanyakan dinegara kita hanya bisa menjadi pemakai produk2 orang luar (teknik menggunakan produk dan memperbaiki produk orang), di negara-negara eropa dan amerika sudah sejak abad 16 dikembangkan ilmu murni (sains murni), bahkan di negara-negara islam, sain sudah lebih dulu berkembang, cuman sayangnya mereka tidak melanjutkan apa yang pernah di capai di masa kejaannya dulu. Jadi wajar menjadi negara maju khusunya dalam bidang IPTEK, mereka maju karena memang sudah kuat dengan ilmu-ilmu murninya (sebagai basis ilmu rekayasa). Sejarah di indonesia kenapa teknik (praktisi) lebih dikedepankan, tak lebih karena indonesia di awal kemerdekaan dulu adalah sebuah negara miskin dengan penduduk yang kelaparan akibat perang yang melelahkan. Serta sebuah negara dengan pembangunan gedung2 tinggi saat itu diperlukan, khusunya di JKT. Jadi, yang dibutuhkan saat itu adalah bagaimana cara memakai produk orang lain/teknik memakai, semuanya dibeli dari luar, pesawat, kapal, persenjataan, beras pun di impor dari luar. Selain itu presiden kita pertamapun orang teknik, sehingga wajar teknik terus dikedepankan di negara kita saat itu, walaupun saat ini sedikit demi sedikit mulai berubah ya walau hanya 20 % saja. Belum lagi pengetahuan orang2 tua kita bahkan kita sendiri yang lebih mementingkan nama/keren. padahal apalah artinya sebuah nama. saya teringat perkataan seorang orang Prof rekayasa terkenal di Indonesia. Negara Indonesia perkembangannya keilmuan di mulai dari depan ke belakang. Artinya rekayasa sudah lebih dulu dikembangkan dari pada sains (karna memang itulah kebutuhan indonesia saat itu). Sekarang setelah mempelajari teknik baru ilmu murninya/surut kebelakang, sebenarnya suatu tindakan yang keliru, tapi mau bagaimana lagi? saya kasih contoh Negara Vietnam yang baru merdeka tahun 60 han, tahun 2003 saja sudah memiliki Doktor bidang Sains berjumlah 3000 ke atas, Indonesia yang yang hampir 20 puluh tahun lebih dulu merdeka saat itu baru 3000 an kebawah, coba saudara2 bayangkan kita merdeka tahun 45 tapi perkembangan sainsnya sangat lamban. sehingga wajar saja vietnam pertumbuhan ekonomi begitu cepat, LG adalah salah satu produk nyatanya. Bukan di indonesia tidak ada…banyak penemuan yang telah di dapat Negara kita…Colt Amerika yang terkenal itu buatan orang indonesia lho…tapi licensinya di negara luar, bahkan banyak lagi….mungkin para pengambil kebijakan Negara kita yang belum memihak para peneliti (bidang sains dan rekayasa) saya pikir indonesia saat ini harus banyak mengembangkan lembaga2 peneliti … karna kalau saya perhatikan ilmu rekayasa sekarang ini lebih difokuskan ke industri, liat saja sesudah mereka lulus kuliah orientasinyaa kebanyakan kerja di industry, itupun kalau masih bisa perbaiki pipa bocor, kemudian dapat penghidupan yang layak..jadi buat apa kuliah dengan seabrek ilmu-ilmu yang dipelajari di bangku kuliah? kalu cuman jadi operator di pabrik ataw lain sebagainya. Tapi saya menghargai apa yang sudah diperbuat teman2 FT di Industri walaupun dimulai dari hal2 kecil….tapi sejarah mencatat besar itu dimuali dari ide2 kecil…selamat, tapi kita jangan buat yang kecil2 truss merdeka dah dari tahun 45 nih, kapan mau besarnya, kemudian jangan sama2kan FT dengan dengan TE, itu menadakan saudara ngak PD dengan almamater saudara….FT ya FT, TE ya TE keduanya tetap berbasis ilmu murni, khusunya fisika dan matematik. Fisika teknik setau saya dulu hanya ada di negara bekas penjajah kita atw Belanda, begitupun di ITB juga dimulai dari sana, di ini di Indonesia setau saya baru 4 PT yang mengembangkan FT(ITB, UGM, ITS dan Swasta di JKT) …Negara2 maju dan berkembang lainnya masih tergabung dengan ilmu fisika murni (enginering physics) ataw tergabung dengan ilmu-ilmu terapan lainnya. Jadi solusinya menurut saya adalah mensinergikan ilmu murni dan rekayasa dan jangan berbangga dengan ilmunya apatalagi kalu hanya berorientasi jadi penambal pipa bocor, yang penting kerja buat bangsa ini!!!…sesudah lulus dan dapat kerja jangan hanya mikir periuk nasi saja tuh…tapi pikirkan bagaimana cara negara ini berkembang?? oke FT UGM selamat ya, nampakkan jati diri anda, di FT UGM sama juga dengan FT ITB, hampir 80%nya pilihan kedua sesudah elektro ataw informatika maaf kalu ada kata2 yang keliru nih…

  38. semua bangga dengan alamater endiri……ya ngak yang penting jangan mengangap remeh bidang studi laen

  39. @rere:saya tidak setuju dg pernyataan anda: hampir 80%nya pilihan kedua sesudah elektro ataw informatika maaf kalu ada kata2 yang keliru nih…
    saya mahasiswa TF UGM ,hampir 70% mahasiswa tf ugm memilih TF sebagai pilihan pertama…lainnya pilihan kedua,,,jadi SALAH BESAR kalau anda ngomong TF 80% PILIHAN KEDUA..
    kalau di ITB, teknik fisika masuk FTI(Fakultas Teknologi Industri),itu passing gradenya tertinggi kedua setelah STEI di ITB, jadi ga mungkinlah 80% mahasiswa milih sbg pilihan kedua…

  40. @rere:anda mungkin tidak tahu kala TF/FT itu juga ada di universitas2 di AS,tapi namanya APPLIED PHYSICS,,jadi ya sama aja kalau diterjemahkan ya aplikasi fisika,,,….trus habis itu TF juga dibuka di STT telkom,,,untuk memenuhi kebutuhan akan sarjana TF yang langka tapi amat dibutuhkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *