Kami Tak Takut pada Google ! (& Microsoft?)

Quintura.com“We are not afraid of Google!.. from Quintura with Love”

Begitulah iklan Quintura.com pada situs ReadWrite.com. Pada awalnya saya bingung, ini maksudnya apa? Apa mereka juga search engine juga? Akhirnya saya tekan Ctrl+Tab di Iceweasel (Firefox di Debian Linux) saya. Dan dugaan saya ternyata benar. Ini adalah search engine.

Quintura sendiri sepertinya tidak menggunakan engine mereka sendiri, di bagian FAQ nya mereka menyebutkan bahwa mereka menggunakan teknologi Yahoo! Index. Kalau kita melongok ke bagian History disebutkan juga kalau Quintura ini diawali dengan penelitian mereka mengenai neural network saat mereka masih menjadi mahasiswa (tahun 1989). Jadi bersemangatlah kalian kita yang masih meneliti di perguruan tinggi ini, siapa tahu nanti menjadi sukses dengan bekal ilmu itu.. (*menyemangati diri sendiri..).

Kembali ke iklan tadi. Aku sendiri tidak tahu apakah iklan tersebut resmi dari Quintura (sepertinya sih iya..). Tetapi iklan yang betul – betul frontal ini memang menggugahku untuk mengkliknya, dan mencobanya.

Lalu bagaimana cara mengetes suatu search engine itu sudah bekerja baik atau belum? Saya sendiri mempunya trik pribadi. Saya mencoba mencari dengan kata kunci “Okto Silaban”. Eitss sabar.. Bukan.., bukan mau narsis kok.. Pertimbangannya gini. Di Internet ini banyak sekali informasi, jadi kalau kita mencoba dengan menggunakan kata kunci yang umum seperti “cars reviews, lowongan kerja”, dll.. tentu saja ada hasilnya. Lalu bagaimana jika diberikan kata kunci yang tidak umum.., atau diisi dengan nama anda masing – masing? (kecuali nama anda pasaran ya..) Jika dia berhasil menemukan halaman yang benar, saya anggap search engine tersebut bisa menjadi alternatif Google.

Lalu kok ada embel – embel Microsoft di judul tulisan ini? Saya terinspirasi untuk membuat banner serupa buat para Linuxer. Dengan tulisan “We are not afraid of Microsoft.. from Linuxer with Love..!”. Keren kali ya?

12 Comments

Add yours

  1. layak di tunggu sepak terjang nya, apakah emang bisa mendekati atau bahkan melampaui google

  2. Saya suka quintura.com, terutama karena mereka berhasil meranking dengan benar untuk keyword “yogyakarta” dan menempatkan http://www.yogyes.com di urutan pertama.

    Hahaha, keren kali ya?

  3. We are not afraid of Microsoft and Linux.. from Cupertino with Mac, and with Love..! 😛

    get BSD on your every machines 😛

  4. “We are not afraid of Microsoft.. from Linuxer with Love..!”

    oke-oke… kalau gitu.. saya tunggu desain banner dan stickernya..

    *manggut2 sambil nyatet*

    😀

  5. kayaknya ide-mu keren…

    “We are not afraid of Microsoft…from Linuxer with Love..!

  6. @adzy_maniac : se-keren orangnya kan 😀

  7. Salam kenal mas 🙂
    Wah boleh ni search engine baru..coba juga de masukin nama saya…hehe saya juga ga narsis koq..mengikuti pemikiran mas okto…hehe
    Persaingan sama google sepertinya bakal seru….n kayanya saya harus mulai belajar linux T.T kebiasaan microsoft…mohon bimbingan ya mas hehe…

  8. @cah jogja : kapan nih mas jadi no 1? SEO nya kurang mantep mungkin 😀

    @Riadi : selama bayarannya cocok.. it’s ok.. ha..ha.ha *kidding

  9. saya ketik nama saya

    mulai halaman-halaman > 5 udah banyak nyempil yang gak relevan 😛

    apa jangan-jangan karena mereka belum kenal saya ya 😛

  10. @Petra : Kurang ngartis berarti..

  11. To, kalo kamu tuh gak usah ditanya, tiap hari posting ato apalah….. Pake yahoo, google, dll sama aja gak ada bedanya ah…… -_-

    Lah kalo ada search engine yang gak nyantumin okto silaban itu yang perlu ditilik…. kalo yang ini biasa ah…….Hahahah

  12. @alex : tau ajah.. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *